Rabu, 12 Februari 2014

MENGHADAPI TRAUMA SETELAH DISELINGKUHI SUAMI



  
Pertama, pahami dahulu tentang ini :

Mengapa saya membidik judul ini? Seolah-olah seorang suami lebih banyak berbuat serong dari pada seorang istri... Tunggu, mohon jangan berpikiran negatif dahulu. Memang tindakan seperti ini bisa dilakukan siapa saja, jika ada niat dan kesempatan. Nah, di sini saya adalah seorang istri, jadi akan lebih mudah memahami dan berpikir dari sisi sebagai seorang istri yang tersakiti setelah diselingkuhi suami.

Lalu kedua, secara psikologis, jika seorang pria telah diselingkuhi oleh istrinya, pilihan dia adalah 'pergi dan cari pengganti untuk mengobati luka hati'... Sedangkan seorang wanita, lebih memilih untuk bertahan dan memperbaiki rumah tangga mereka. Mengapa? Pria, lebih mengutamakan harga diri. Dia diselingkuhi, berarti harga dirinya telah diinjak dan itu hal yang memalukan. Sementara wanita, lebih memikirkan perasaan anak-anak. Lebih memikirkan posisi mereka, bukan dirinya.

Seperti pada sebuah kisah pada buku NEW CATATAN HATI SEORANG ISTRI oleh ASMA NADIA, ada ungkapan salah satu tokoh yang patut kita selami. Mengapa dia memilih bertahan dan memaafkan sang suami? Jawabnya,  “Ada banyak hati yang harus aku jaga....”

Subhanalloh... belajar memaafkan memang susah, tetapi di situlah pintu surga berada.

Jika Anda memilih jalan untuk tetap mempertahankan rumah tangga bersama suami, hal yang utama adalah, lakukan dengan sungguh-sungguh. Jangan setengah-setengah! Mubadir. Tidak akan memperoleh suatu perbaikan. Mantapkan niat pada hati Anda, lalu buktikan! Perjuangkan.

Saya sangat tahu, luka seperti ini tidak mungkin bisa hilang begitu saja. Ini masalah hati, masalah kepercayaan. Butuh berbulan-bulan, bahkan bertahun-tahun untuk bisa lepas dari kesedihan yang terus menerus mencabik hati. Mereka para pelaku perselingkuhan, tidak bisa memahami perasaan ini. Dalam pikiran mereka seperti ini, “Ayolah, lupakan kesalahanku, jangan diingat terus dan jangan judge aku selamanya. Toh aku sudah kembali kepadamu, meminta maaf dan sedang belajar untuk berubah.”

Memang begitu jalan pikiran mereka. Bagi saya itu tidak apa-apa, namun coba katakan pada pasangan, bahwa Anda pun juga sedang belajar memaafkan dan melupakan, hanya saja membutuhkan waktu yang lebih lama. Tidak secepat meminta maaf, kembali kepada keluarga, dan melupakan tindakan gila mereka. Ini trauma, sebuah pukulan pada psikologis. Lalu, katakan juga, belajarlah untuk menerima trauma Anda, dan mintalah suami agar mau mendukung  penyembuhan Anda, tanpa terus menjudge Anda juga.

Setelah itu, apa yang harus dilakukan?

Saat suami telah mengerti akan perasaan Anda, inilah waktunya Anda bertarung dengan diri sendiri. Di situlah musuh terbesar yang sebenarnya. Bukan suami dan pasangan selingkuhnya.

Makin dekatkan diri Anda pada Tuhan. Dialah penolong dari segalanya. Anda mungkin bisa bercerita pada semua manusia yang Anda anggap teman, sahabat, atau apa pun, tetapi satu-satunya yang bisa menenangkan hati Anda adalah doa kepada-Nya. Jika ingin menangis, menangislah di bahu-Nya. Setelah itu, bangkit kembali.

Hapus pertanyaan “Mengapa?” “Kok dia bisa tega, ya?” atau “Bagaimana bisa?” dari hati Anda. Jangan mencari sebuah alasan, tetapi cobalah memahami. Jika yang Anda cari hanyalah alasan-alasan bodoh yang menyakitkan, tentang mengapa suami bisa tega berselingkuh di belakang Anda, yang didapat hanya hal-hal negatif. Bukan memperbaiki, tetapi malah menjerumuskan diri Anda sendiri ke dalam keterpurukan.

Hilangkan juga perasaan menyalahkan diri sendiri, merasa kurang mampu melayani suami sehingga dia berselingkuh. Ada beberapa pria yang menggunakan alasan 'karena kekurangan dan kesalahan Anda-lah akhirnya mereka berselingkuh', jangan percaya. Saya sungguh-sungguh! Itu hanya sebuah pembenaran mereka.

Ingat, selingkuh dilakukan secara sadar! Mereka tahu mereka salah tetapi tetap memilih jalan itu. Mereka sengaja melupakan Anda dan keluarga, berani mempertaruhkan kebahagiaan pernikahan hanya karena sebuah kesenangan. Pikiran yang sering dipergunakan adalah “Ah, tidak apa-apa, asal istri tidak tahu, dia tidak akan terluka.” Kalau sudah seperti itu, apa masih Anda percaya kalau itu kesalahan Anda?

Jadi, buang ya pemikiran menyalahkan diri sendiri. Anda sudah sangat terluka, jangan makin ditambah dengan membuat diri Anda bersalah karena menjadi penyebab perselingkuhan suami. Anda harus kuat menolak pembenaran itu. Tetapi, bukan berarti Anda merasa yang paling benar. Dalam perjalanan penyembuhan, lakukan juga intropeksi diri. Buat list tentang sifat-sifat buruk Anda, lalu lakukan perbaikan. Buat diri Anda menjadi seorang istri yang lebih baik lagi perilakunya dalam melayani semua kebutuhan suami. Perbanyak senyum, kurangi mengomel, buat dia semakin betah dengan Anda. Sentuh hati kecilnya yang dulu sangat mencintai Anda. Saya percaya, tidak ada hati yang tidak bisa ditaklukan dengan cinta dan kasih sayang! Di sinilah poin terpentingnya Bunda ^^ Semangat ya....

Kemudian, pusatkan perhatian Anda pada hal-hal yang positif. Misalnya dengan mengikuti kegiatan-kegiatan sosial di lingkungan Anda. Membantu orang lain bisa memperbaiki mood hati Anda menjadi lebih baik. Atau bisa juga mulailah belajar menulis. Percaya atau tidak, menulis itu memiliki kekuatan penyembuhan. Efek yang dihasilkan dari aktifitas menulis mampu membuat seseorang menjadi lebih tenang dan lebih bisa melepaskan.

Dalam beberapa waktu, ingatan-ingatan yang menyakitkan, pasti akan menyeruak kembali. Bisa jadi saat itu terjadi Anda akan kembali rapuh. Itu hal yang wajar. Seperti yang saya utarakan di atas, bahwa trauma seperti ini tidak mungkin bisa 100% dilupakan begitu saja. Adakalanya tiba-tiba teringat, lalu menangis. Emosi Anda jadi tidak terkontrol lagi.

Penyebabnya bisa karena hormon (pada saat anda mengalami Pra Menstruasi Sindrom) atau bisa juga karena sedang bertengkar dengan suami Anda. Ujung-ujungnya pasti ungkit-ungkit hal ini lagi.

Tidak apa-apa jika hal itu terjadi, hanya saja Anda harus pintar menghadapi perasaan Anda sendiri. Jangan mau dikalahkan oleh emosi sesaat. Hadapi. Perangi. Tetapi bukan berarti dipaksakan. Dipaksa harus lupa, harus lupa, harus lupa... tidak! bukan begitu caranya.

Biarkan Anda menikmati prosesnya. Coba bersahabat dengan trauma. Manage emosi Anda. Mungkin saat pertama kali, rasa sakitnya bisa berhari-hari. Coba tekan pelan-pelan menjadi hanya dua hari, lalu perpendek menjadi sehari, tiga jam, dua jam, begitu seterusnya. Turunkan level amarah Anda. Pelan-pelan saja, biarkan waktu yang menemani perjuangan Anda. Ingat, semakin Anda berusaha keras untuk melupakan, Anda akan semakin merasa sakit!

Harus bisa! Ini hidup Anda. Jangan mau dikalahkan oleh masa lalu.

Bikin sebuah pernyataan pada diri sendiri, yang bisa membuat diri Anda kuat dan kembali bangkit ketika sedang limbung. Anda bisa buat sendiri atau menculiknya dari para motivator yang berserakan di akun-akun facebook, twitter, buku atau apa pun.

Misalnya seperti ini : “Oh iya ya, buat apa aku harus iri dan cemburu pada wanita yang mengumbar aurot dan bermesra-mesra dengan suamiku? Merekakan sedang berbuat dosa, lah buat apa aku iri sama orang yang lagi berbuat dosa. Bodoh sekali, gak penting kan? Dari pada ikutan dosa hati, lebih baik banyakin ibadah.”

Yups! Kalau mau iri dan cemburu, iri dan cemburulah pada yang sering berbuat amal, shodaqoh, dan beribadah pada Tuhan. Bukan pada yang sedang berzina ... (ekstrim ya? tapi semakin ekstrim bisa semakin meningkatkan kemampuan menguatkan hati, kalau saya sih ^^ hehe..)

Banyakin beristighafar, serahkan saja semua kepada Tuhan. Apa-apa yang tidak Anda ketahui, dan yang ingin Anda ketahui (karena sedang curiga atau cemburu). Ikhlaskan saja. Carilah ridho Tuhan Anda, karena Dia-lah yang akan menjamin kehidupan kita di akhirat kelak, bukan manusia lain!

Fokuskan hidup Anda hanya pada ibadah dan anak-anak. Fokus memperbaiki diri, lebih memperhatikan kebutuhan suami, melayani dengan ikhlas dan bersabarlah. Titik!

Nah, Bunda... apa pun jalan pilihan Anda, jangan mau menyerah. Hidup itu bukan untuk saat ini saja, tetapi juga kehidupan di akhirat kelak...



-A.M.120214-

215 komentar:

  1. Bunda makasih tulisannya membuat saya lebih kuat dan semoga saya bisa melawan trauma ini saya sudah diselingkui tapi justru saya memaafkan menuntun suami saya kmbli pd allah dan sekrg saya eendiri yg prang melawan hati ýg kadang sakit dan bertanya2 saya harus bgkit seperti kata bunda menatap masa depn lebih infah bersàma suami dan anak saya juga hrus kembali lagi berkarier semoga saya bisa mohon dibantu doa nya amìn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kejadianya sama sperti yg sy alami sekarang, dan smoga saja sy jg bsa melalui dngan lkhlas

      Hapus
    2. Kejadianya sama sperti yg sy alami sekarang, dan smoga saja sy jg bsa melalui dngan lkhlas

      Hapus
    3. mbak, boleh minta no wa atau email? saya jg sedang mengalami hal yg sama

      Hapus
    4. aku juga sedang merasakan sakit yg sama..memilih utk memaafkn.tp dia tidak pernah mau mgerti knp aku masih ragu sma dia. dia sering bilang jgn diulang ngasih tau kesalahan nya.seperti dia tidak tau sakit itu apa😭

      Hapus
    5. Dah berkali2 sy baca dan saya bagikan juga postingan ini dan saya lihat begitu bayak tanggapan dr istri2 yg tersakiti, ini membuat saya lebih obtimis karna bukan hanya saya saja yg mengalami ini semua. Tmks postingannya sist

      Hapus
    6. mudah"n Q Bisa Memaafkan suami Dri Hti Q Kmbli, Dengan motifasi yg Tertulis di Atas ya Bnda, Bru 2 hri Ini Q tau perselingkuhan Itu Terjadi Kmbli, Salam 2 thn Q bertahan demi Kluarga kcil Q Bunda, Pdhl Udah Sering Di Sakiti , Tp Ttp bertahan, Ini menemukan Fase di mna Suami Selingkuh Kmbli Sakit'y Mnta Ampun.

      Hapus
    7. Hubungan rmh tanggaku udah 6thn tp blm di karunia seorang Anak karna suamiku yg bermasalah, Tp Q ttp bertahan dengan dia, tp dia mlah selingkuh dri Q nikah 3 bulan berulang"x dia Selingkuh, tp ketahuan trus & Q 5fkn Selalu, Tp di Saat ini lh fase pling mnyayat hati ktika Q tau dia berselingkuh kesekian x'y dengan wil yang 2 thn Q udah 5fkn, ini Berkhianat kmbli bagi mna cba bunda sakit hati Q😭😭😭

      Hapus
    8. Bunda sy pun mngalami hal yang sama, sudah ketauan pun dy msh mengelak dgn alasan hanya teman dan membela dirinya dgn dalih kembali pd istri dan anak2 bukan pd prmpuan itu.. kejadian nya pun sama tgl 5 des 2017 ini. Tadinya sy mau cerai sj krna sy takut kejadian lg nantinya tp entah knpa akhirnya malah sy maafkan, hari2 biasa sy lalui dgn ikhlas hanya setiap sy berhubungan sy selalu merasa dy bukan milik sy lagi, sy asing melihat dy, membayangkan dy dgn yg lain dan akhirnya sy selalu berfikir untuk pisah setiap habis berhubungan.. hrs bagaimana ini bunda qt mengalami hal yg sama

      Hapus
    9. Sma sya jg bgtu, perasaan dan byangan2 itu sangat menyiksa

      Hapus
    10. Saya pun mersakan hal yg sm pada 3 thn yg lalu..menjd korbn perselingkuhan suami..smpai saat ini pun masih suka teringat akan hal itu,,kadang hati menangis sulit utk melupakan..walau pun saya sudh berusha utk memaafkan..tp melupkan amat lah sulit...yg bikin sya kuat dan berthan smpai skrg yaa karna anak"saya..merka lah penguat hati saya di saat saya menagis dan tersakiti...

      Hapus
    11. Makasih mudah2an dengan mbaca artikel ini sy bisa tegar dan berbesar hati untuk memafkan suami sy yg ketahun dengan temanku berselingkuh..ini malam senin akan aku ingat selalu karna dngan mbaca ini sya bsa tegar..Amiin

      Hapus
    12. Saya butuh bantuan anda bunda. Adakah wa apa no telp yg bsa dhub?makasih sblmnya.

      Hapus
    13. Dulu laki2 saya suka jajan dan baru ketahuan setelah bulan madu. Lalu mulai KDRT sampai 1 tahun saja saya ceraikan.
      Menurut saya... laki2 tahu kelemahan perempuan yg masih berpikiran konvensional. Betul perceraian dilarang agama. Namu bila sudah mengancam nyawa dan psikis.. tentu Allah kita lebih menyayangi kita drpd pernikahan yg menghancurkan tsb.

      Itu keyakinan yg saya jalani. Maaf jika tdk sesuai ☺😊😀

      Hapus
  2. Bunda makasih tulisannya membuat saya lebih kuat dan semoga saya bisa melawan trauma ini saya sudah diselingkui tapi justru saya memaafkan menuntun suami saya kmbli pd allah dan sekrg saya eendiri yg prang melawan hati ýg kadang sakit dan bertanya2 saya harus bgkit seperti kata bunda menatap masa depn lebih infah bersàma suami dan anak saya juga hrus kembali lagi berkarier semoga saya bisa mohon dibantu doa nya amìn

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ternyata lebih menyakitkan melawan perasaan dan bayang2 saat suami berselingkuh..walau dia udah insyaf menangis dan memohon maaf atas kesalahannya tapi hati ini sangat sakit bila ingat apa yg udah dia perbuat..semoga aku juga bisa kuat seperti bunda demi anak2

      Hapus
    2. Kisah ini yg saya alami saat ini.. 😣😭😭

      Hapus
  3. makasih dgn tulisan dan nasehat2nya. sy tlh diselingkuhi pdhl wkt itu ank kami msh berumur 18bln. sy memaafkan suami & dia jg memperbaiki sikap dgn kembali dkt dengan Allah SWT & meminta maaf.skr sdh 2bln sejak sy mengetahui kejadian ini tp yg saya sesalkan adl antara rasa sayang & benci sama2 besar. kadang sy berfikir utk menyerah dgn kata lain pilih jln pisah sm suami. tp gmn dgn ank saya nanti jk saya pilih jln pisah. sdgkan suami sejak sy mengetahui perselingkuhan ini, dia menegaskan tdk akn pernah berpisah dgn saya. jika suami lg kerja, hati saya bertarung dgn amarah. sy teringat dgn perbuatan2 dia. jk suami drmh, sy bs menahan ego krn sy msh igt dgn kewajiban sy sbagai istri. mohon saran & nasehat agr saya bisa ikhlas lg memaafkan & tdk membencinya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jalan menuju ikhlas bagi saya adalah dengan tidak memikirkan, Bunda Nana. Semakin kita memikirkan untuk melupakan sakit hati dan memaafkan tindakan suami, maka akan semakin kita dikuasai rasa sakit. Biarkan rasa itu ikut ada di hati kita, jangan dilawan. Semakin dilawan akan semakin ingat, saya pernah seperti itu. Jadi berdamailah dengan rasa sakit. Biarkan ada, pelan-pelan dia akan hilang. Waktu akan menyembuhkan dan tugas kita adalah mengalihkan pikiran kita pada kegiatan yang positif.

      Menulislah, Bunda. Dengan menulis insya Allah kita bisa lupa. Perbanyaklah membaca Al Qur'an, atau cari kegiatan yang Bunda Nana sukai, misal berkebun, membuat kue lalu menjualnya. Apapun, buat pikiran Bunda Nana sibuk memikirkan hal lain.

      Memang suatu saat akan teringat lagi, apalagi saat menjelang tidur, atau suami tidak ada di rumah dan kita diselimuti rasa was-was atau khawatir hal-hal itu akan dia lakukan lagi. Saat itu terjadi, lagi-lagi, alihkan pikiran ke hal lain. Lakukan sesuatu. Bertindaklah. Jangan biarkan diri Bunda semakin tenggelam.

      Semangat, Bunda Nana!
      Kau pasti bisa ^^

      Hapus
    2. saya pun saat ini merasakan hal yg sama...suami saya hampir setahun ternyata selingkuh dengan perempuan yg usianya sangat muda sekali. saya sdh lama curiga dgn gelagat suami saya...tp saya selalu memohon pada Allah agar ditunjukkan kebenarannya dan Allah mendengar doa saya. hingga akhirnya pada saat malam Ultah suami saya...saya yg bernoat memberikan surprised di malam Ultahnya...datang ke kantornya ( kebetulan suami adalah wartawan jd klo malam dia ke kantor untuk buat berita ) saya pergokin dia sedang berduaan dgn selingkuhannya. hancur hati saya.....tp kemudian dia memohon maaf pada saya dan tetap memutuskan memilih saya. namun sampai saat ini mengapa sulit sekali untuk melupakan apa yg dia perbuat. terkadang saya menangis sendiri... saya capek terus2an teringat hal itu. tp saya berusaha lebih dekat pada Allah....namun melawan emosi di hati itu sulitnya minta ampun. semoga Allah bisa membantu saya menghadapi ini semua. amiin

      Hapus
    3. Sma seperti saya berusaha memaafkan tpi seandainya ia masih main d blkang sy dgn perempuan tsb lalu ap yg harus dilakukan

      Hapus
    4. Sama bun saya jg pernh ngalamin..tpi bedany di sini suami saya berkata jujur dan mau memperbaiki kesalahan alsany tdk mau kehilangan keluarg..dan seketika itu ak di ajk bertemu dgn selingkuhany yg sering neror keluargaku.dan ak pun sangt paham dgn karakter suami saya..klo tdk di rayu lbh dulu dia cuek dan dingin.dan perempuan itu jg menyampekan klo cinta mati sm suamiku.seketika itu suamiku tk tany mau milih siapa.ttp keluarg ktny.dan dia suami sontak bilang ke pelakor dr awal ak dah bilang pny keluarg.tpi kmu trs mengejarku.dan ak tdk pernh mencintaimu.lngsung ak tangkas klo tdk mencintai knp smpe sekingkuh.jwb dgn sepontan.si iblis slalu merayuku ktny tdk akn menuntut.si pelakor mng tak tany jg jwb ap adany di sini yg ngejar saya ak akn buat suamimu lupa keluargny..tp suamiku bilang.ak dah g kuat dgn ancaman2mu neror keluargaku ak hrs mengakhiri ini.ak capek.ak hrs kbali kekeluargaku yg aku sayang.tp anehy slm mrk hububgan suami tdk pernh menujukan apapun yg berbeda.ttp perlakuany g perng verubah ttp manis untuku..smpe ke jalur hukum ak tempuh..untk bikin kapok.tp suamiku ttp balik ke aku.dan benar2 menunjukan sadar akn kesalahany..smpe semua warisan suami semua di ats nmkan aku.tp g tau knp ak ttp blm bisa memaafkanya.dan slalu ingt dgn pengakuan perselingkuhanya..dah berjlm 7 thn ini ak ttp msih membenciny..tp suaniku ttp diam dn slalu ingin memperbsiki rmh tangga.bun bantu solusiny.gmn cara melupakan kebencianku terhadapny dan dendamku ke pelakor itu..smpe skrng pun otaku msih usil ttp pngin tau perjalanan kebidupan pelakor.meski dia sdh berumah tangga tpi ak ttp msih membenci dan menaruh dendam.ak dah bersusaha untk memaafkany tp ttp blm bisa.tlng bun bantu solusi agar aku bisa jd orang yg bsa memaafkan..sblmy trmksih

      Hapus
    5. Sy jga skrg merasakan sakit hati di hianati suami,luka hatiku sangat dalam,rasanya sy ingin berpisah,sangat menyakitkan

      Hapus
  4. aamiin ya Robbal alamiin ^^
    Semangat, Bunda
    Kita kuat karena kita adalah seorang ibu ...

    Saya juga pernah merasakan hal yang sama, dan seorang teman berkata, "Menjadi seorang istri itu lebih banyak ladang pahalanya daripada menjadi seorang wanita single." Dan benar, mari kita peluas ladang ibadah kita dengan hanya satu tujuan, surga Allah ...

    Insya Allah ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Salam Bunda..boleh saya minta no wa bnd..saya jg pny mslh yg sma tp lbh parah..ingin bs shraring sma bnd cara menguatkan hati

      Hapus
    2. kisah saya jg sama dgn cerita diatas, saya belum bisa mlupakan rasa sakitx di selingkuhi oleh suami, yg perselingkuhannya didukung oleh org tuanya. saya marah sam suami dan org tuanya. saya tidak suka mendwngar suami saya menyanyi dan bermain gitar, karna dia sering berduet video di smule dgn wanita selingkuhannya, dan suami saya sering memainkan gitar yg kemudian membuatkan video untuk wanita selingkuhannya, q melarangnya main gitar dan bernyanyi sampai saya benar2 bisa mlupakan sakit itu. tapi suami saya malah marah2, dan Tidak mau menjaga perasaannya saya. saya sedih, dan saya semakin tidak bisa melawan trauma saya karna perselingkuhannya itu. saya sudah berusaha namun tetap tdk bisa, saya merasa berjuang seorg diri tanpa dukungan dari suami. mohon sarannya bunda...😢😢😢

      Hapus
  5. Ya Allah tulisan begitu mudah mengatakan maafkan dan lupakan, sakit krn dibodoh2i diselingkuhi bertahun2 dengan tetangga depan rumah rasanya membuat sy yang biasanya selalu menggunakan logika pun bs menjadi gila. Bunda mempertahankan rumah tangga pasti keinginan semua istri, namun ajari sy untuk bangkit dr perselingkuhan yg berkali2 ketahuan dan berkali2 pula minta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya kembali tp nyatanya terus dilakukan. Bunda ajari saya bagaimana untuk menahan emosi untuk tidak menjambak atau memaki ke rumah selingkuhan suami sy yang jelas kelihatan rumahnya dr rumah saya? Bunda ajari sy untuk tidak menjadi gila karena menahan semua amarah dan emosi yang tidak terlampiaskan?.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hal ini pun terjadi kepada saya 2tahun saya berjuang,akhirny saya menyerah, saya tidak ingin hidup dengan rsa benci dan dendam.
      Tapi saat saya memutuskan pergi hati ini lebih iklhas. ini yang saya rasakan saat ini.

      Hapus
    2. Sy jg mengalami di slngkhi..
      Hati sy slalu mngatakn untk prgi dn gak ingin lagi rmh tgga ini. Ttpi suami sy ttp menhn sy..hrskah sy trus2an melwn rasa sakit ini..oh tuhan sy rs nya lelah..sulit bg syg smua..ank ya ank lagi jdi kasihan..tpi sy lelah..entahlah sy bingung..

      Hapus
    3. Sy jg mengalami di slngkhi..
      Hati sy slalu mngatakn untk prgi dn gak ingin lagi rmh tgga ini. Ttpi suami sy ttp menhn sy..hrskah sy trus2an melwn rasa sakit ini..oh tuhan sy rs nya lelah..sulit bg syg smua..ank ya ank lagi jdi kasihan..tpi sy lelah..entahlah sy bingung..

      Hapus
    4. Ya Allah masalah anda persis dengan masalah saya

      Hapus
    5. mbak ninik, boleh minta no wa atau email? saya jg sedang mengalami hal yg sama

      Hapus
    6. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  6. Berkali-kali dan selama bertahun-tahun, dengan tetangga depan rumah?

    Bunda Leni, jika saya ada di posisi Bunda pasti jg akan melakukan hal yang sama dan saya yakin Bunda Leni pun sedang berusaha bertahan demi anak saat ini, mungkin juga demi menjaga hati kedua orang tua.

    Mari bertanya pada diri sendiri terlebih dahulu, masih kuatkah Bunda Leni menghadapi itu semua? Kalau masih kuat dan bisa belajar untuk memaafkan, ya monggo. Tapi jika tidak ya lepaskan. Kalau saya, jika sudah separah itu apalagi jika sampai berhubungan badan dan berkali-kali diselingkuhi, saya akan lepaskan. Kita para perempuan juga berhak bahagia. Berhak mendapatkan kehidupan yg lebih baik. Buat apa mempertahankan sesuatu yg tidak mampu mempertahankan kita?

    Tulisan ini bukan tentang betapa mudahnya untuk mengatakan maaf dan melupakan, tapi tentang bagaimana kita bisa terus berjalan menghadapi trauma setelah kita masih mau bertahan di sisi suami. Semua tergantung pada pilihan dan sikap kita. Seberapa kuat diri kita menerima luka. 

    Semoga Bunda Leni selalu bahagia.
    Aamiin.

    :)

    BalasHapus
  7. BUNDA AWALNYA SAYA SAKIT HATI KALAU INGAT DISELINGKUHI TAPI SEKARANG DOA SAYA KEPADA TUHAN KALLAU MEMANG TUHAN MAU MENGAMBIL KEMBALI JODOH SAYA YANG DULU KAU SATUKAN BERIKAN SAYA KEKUATAN HATI YANG BESAR JIKA MASIH BERJODOH PANJANG TOLONG KEMBALIKAN SUAMI SAYA SEPERTI SEMULA AMIN

    BalasHapus
  8. Ya allah ..saya adlh salah satu wanita korban perselingkuhan..jujur saya marah saya sakit hati..terlebih suami selingkuh dengan orang yang kita kenal terlebih keadaan saya skrang lagi hamil besar...
    Ya allah dimana perasaan meraka stelah ketahuan suami bukan nya minta maaf sungguh2 tapi malah menyalah kan saya yang seolah olah dia selingkuh karna stelah hamil saya kurang prhatian.maka y dia cari pelampiasan.
    Apa yang harus saya lakukan.saya sakit hati dan merasa tidak d hargai.tapi disisi lain saya masih sayang dengan rumah tangga ini apalagi sekarang posisi saya lgi hamil.
    Apa yang harus saya lakukan.mhon saring nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga korban perselingkuhan .. Bukan sekali suami saya selingkuh .. Malah berkali kali ..

      Hapus
  9. Bunda..perkataan bunda tepat sekali..memang itu yg dikatakan suami saat dia ketahuan selingkuh. Dia menyudutkan saya,menyalahkan saya bahwa perselingkuhan terjadi karena saya tidak bs beri dia anak.Dan teganya lagi dia masih berselingkuh saat program by tabung kami dimulai & saat gagal dia kembali menyalahkan saya. Sekarang kami akan mulai lg program batab.Dia janji tdk akan mengulanginya lg.Bskah sy mempercayainya bunda? Apalg kt sdh sepakat apabila kali ini gagal lg kami akan bercerai.
    Bantu saya beri kekuatan bunda smua..saya ingin hidup bahagia bersama suami & anak2 kami kelak.Sy tdk ingin berpisah krn kegagalan ini.

    BalasHapus
  10. Dear Bunda semua, saya baru mengetahui suami saya selingkuh, dia dengan jelas mengatakan dia sedang dekat dengan wanita lain, perilakunya pun jadi berbeda , dia sama sekali tidak memperdulikan saya lagi , bicara dengan saya hanya karena urusan anak tidak lebih, dan yg lebih menyakitkan dia mengatakan alasan dia melakukan itu karena dia tidak bahagia hidup 7 tahun menikah dengan saya dan dia katakan saat ini dia hanya ingin bahagia dan ingin merasakan hidup lebih baik, saya masih belum bisa ikhlas masih berusaha tegar , cuma bisa nangis dan doa dalam setiap sholat saya, Semoga Allah menguatkan saya demi anak dan rumah tangga kami

    BalasHapus
  11. saya baru 5bln menikah dan suami saya telah berselingkuh dengan wanita lain.. alasannya adalah kekurangan saya, dia kesepian krn saya kerja diluar kota dan kami bertemu tiap weekend. saya tdk perhatian dll.. pdhal saya bekerja untuk kebutuhan rumah tangga. hancur sehancur2nya hati saya.. setelah perjuangan saya buat dia.. menerima dia apa adanya.. tp apa yg dia lakukan dengan saya.. skrg saya trauma.. jika saya kembali k kota A untuk bekerja.. pemikiran saya selalu negatif dan paranoid kepadanya.. hati saya selalu gelisah.. saya sudah memaafkan dia.. tp ternyata dia bblm benar2 bertaubat dan melupakan perempuan itu.. terakhir dia bersumpah tdk akan mengulanginya lg.. saya ingin percaya tp jujur hti saya msh trauma.. saya msh suka nangis jika ingat perselingkuhan itu.. sedih marah hancur.. tp banyak hati yg harus saya jaga.. termasuk hati saya.. yg belum siap tanpa dia.. saya terlalu sayang dengan suami saya.. keluarga menyarankan untuk pisah sebelum saya mempunyai anak.. tp saya belum siap untuk itu.. hati saya msh terlalu rapuh dan fisik sayapun ga berdaya.. saat ini saya mencoba menjalankan semuanya.. memaafkan.. ikhlas.. mencoba melupakan.. tiap solat saya berdoa meminta kuatkan saya untuk mempertahankan rumah tangga saya.. semoga kedepannya suami saya bisa berubah dan tidak menyakiti hati saya lagi.. Aamiin..

    BalasHapus
  12. saya pun masih trauma padahal kejadiannya sudah bbrp bulan yang lalu,, tp chattingan mereka terbayang terus dbenak saya,, saya berharap dg waktu semua akan membaik,, tulisan ini bener bgt,, semoga wanita2 penggoda dluar sana dbukakan hatinya utk tdk mengganggu suami2 org,, amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Sy juga....masya Allah...bnyk korban2 wanita tegar...insyaAllah pilihanNya untuk ke syurganya....jd tetap berjuang...

      Hapus
    3. Sy juga....masya Allah...bnyk korban2 wanita tegar...insyaAllah pilihanNya untuk ke syurganya....jd tetap berjuang...

      Hapus
    4. Mbak yuli bolehkah saya minta wa nya mbak? Mksh

      Hapus
    5. Sy jg mengalaminya baru kmrin sy tahu klo suami sy selingkuh, tpi sy mncoba bertahan demi anak. Klo lg ingat cattingan suami ma perempuan itu da2 sy seketika sakiiit banget

      Hapus
    6. mbak yuli, mbak dwi, yg tersakiti,. bersyukurlah bila suami selingkuhnya ga sampai berhubungan badan. suami saya berhubungan badan mbak,. 5 kali sebelum ketahuan. hancur rasanya mbak,.

      Hapus
    7. saya juga di selingkuhi dan sampai berhubungan badan, tapi suami sudah mnta maaf berkali2, saya mau coba memaafkan dan perbaiki semuanya sama2

      Hapus
    8. Ya Allah banyak banget ya yang senasib dengan saya. Padahal.kejadiannya sudah 1bln lebih. Tapi chattingan2 suami dan wanita selingkuhannya masih terbayang di benakq. Kadang aku berfikir aku kangen dengan aku yang dulu. Yang tidak ada kesedihan dalam pikiranku. Sekarang aku lebih sering bersedih. Lebih sering menangis. Aku rindu aku yang dulu.

      Hapus
  13. Makasih bunda tulisanya motivator bgt bwt para wanita2 yg diselingkuhin suaminya.....

    BalasHapus
  14. terimakasih tulisannya, sangat membantu sekali perasaan saya yang berkali2 dilukai. sempat ingin mengakhiri hidup tp sy memohon pada Tuhan untuk di beri kekuatan. sy menganggap ini ujian dari ketulusan hati mencintai, dan saya bertekad untuk memilih ikhlas menjalani, bener seperti tulisan bunda, fokuskan sj pd ibadah, krn melayani suami jg termasuk ibadah, hati manusia tidak terbuat dari batu, suatu saat akan bs melihat ketulusan hati kita. amin

    BalasHapus
  15. terimakasih tulisannya, sangat membantu sekali perasaan saya yang berkali2 dilukai. sempat ingin mengakhiri hidup tp sy memohon pada Tuhan untuk di beri kekuatan. sy menganggap ini ujian dari ketulusan hati mencintai, dan saya bertekad untuk memilih ikhlas menjalani, bener seperti tulisan bunda, fokuskan sj pd ibadah, krn melayani suami jg termasuk ibadah, hati manusia tidak terbuat dari batu, suatu saat akan bs melihat ketulusan hati kita. amin

    BalasHapus
  16. Dear bunda..ya Allah sakit sekali yah hati ini...mempertahankan RT baru mau 4thn suami dah jenuh dgn istri krn byk kekurangan..kdg saya membenarka keluhan suami ttg saya yg buruk...ya allah saya berusaha ikhlas wlpn sulitnya minta ampun..tp saya ttp mempertahankan suami yg berselingkuh dgn tmn sekantor dan wanita itu bersuami ya allah...suami nya pun satu kantor,saya takut sekali aib suami saya itu kelak akan menyusahkan. Rasa sakit yg saya alami mrk tdk paham dan mgkn tdk mengerti,suami hy ibgin saya mengerti klo saya hrs paham dgn kondisi ini....tega sekali ya allah..2hari tng bsk saya dah terpukul lg krn ingat wajah2 mrk. Mgkn blm bs di katakan ikhlas tp sy berusaha sabar. Saya baca tulisan2 dan semua komen saya merinding...kita para perempuan yg berusaha terbaik buat suami dan kel msh saja kurang. Suami hy mau saya yg terlihat byk salah dll. Pdhl yg berselingkuh tdk mau di salahkan...ya allah entah hrs mengungkapkan aplg..hy berserah pd Tuhan setiap waktu. Stlh membaca artikel bunda saya jd mulai semangag. Thx bunda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya allah...sy fikir hanya sy saja yg merasakan diselingkuhin.3 minggu yg lalu sy br saja mengalaminya...banyangkan ini sudah yg kesekian kali sy dihianati suami sy,,tp sy slu memaafkan dn memaafkan nya hanya berharap agar dy tdk mengulanginya lg...tp ternyata kali ini sungguh sngat keterlaluan,,suami sy selingkuh dng perempuan yg sudah bersuami jg..perselingkuhan mereka sudah dikatagorikan paling exstrim,,tp entah mngapa sy msh bertahan dn mau memaafkn nya...
      Stelah ketauan lg sy pun nekad melaporkan kpd suami perempuan tu.smpai saat ini suami perempuan tu msh mencari suami sy..suami sy pun akhirnya keluar dr kerjaannya karna takut..
      Skrg sy memulai semuanya dr nol lg..sy memaafkan suami sy meski hati sebenarnya tak sanggup lg menerima tp sy lakukan demi ke 3 anak sy..sy hanya minta agar allah menurunkan hidayahnya kpd suami sy atas sumpah-sumpah palsunya slma ini...
      Bunda sy kuat krna anak-anak,,

      Hapus
  17. Saya lagi berusaha untuk memaafkan suami yg selingkuh, baru ketahuan 3 hari yg lalu padahal dia melakukannya udah sekitar 2 tahunan. Sebenarnya udah sering aku menemukan bukti perselingkuhannya antara lain ada tali rambut di mobil yg bukan punya saya, ada orang yg ngegep dia lg shooping dg orang lain, ada wa yg isinya mesra2 dll. Tp setiap aku tanya kebenarannya dia pasti mengelak dengan sumpah demi alloh aku jadi percaya kembali. Tapi 3 hari yg lalu aku menemukan bukti yg dia tak bisa mengelak lagi. Dia akui semua perbuatannya dan dia minta maaf dan ingin bener2 bertaubat katanya. Aku memilih untuk mempertahankan rt kami, tapi rasa sakit, marah, hancur jd satu. Kami menikah udah 9 tahun dan belum dikaruniai anak, tapi berdasarkan hasil pemeriksaan suami saya yg azoospermia. Saya Menerima dan iklas dg keadaan dia. Yg lebih menyakitkan saat ini selingkuhannya mengaku klo saat ini dia lagi hamil dr suami saya dan minta pertanggung jawaban. 99,99 % saya yakin klo anak tersebut bukan anak suami saya. Saya sempet berpikir klo suami saya dijebak ama selingkuhannya. Mungkin karena selingkuhan nya itu melihat perekonomian kami yg lumayan mapan. Kami punya usaha kecil2an. Aku lg berusaha memaafkan suami saya tapi terlalu sulit. Terkadang aku kebawa emosi dengan memukul, mencakar, menggigit sampai dia sedikit terluka, tp dia tak pernah membalas. Bahkan dia bilang nggak pa pa yg penting akunya puas dan mengurangi rasa sakit hati saya. Aku sedih dan nangis begitu nglihat Bekas luka itu. Semoga aku bisa keluar dari rasa marah dan sakit hati ini dan kami kuat menghadapi cobaan ini.

    BalasHapus
  18. Saya lagi berusaha untuk memaafkan suami yg selingkuh, baru ketahuan 3 hari yg lalu padahal dia melakukannya udah sekitar 2 tahunan. Sebenarnya udah sering aku menemukan bukti perselingkuhannya antara lain ada tali rambut di mobil yg bukan punya saya, ada orang yg ngegep dia lg shooping dg orang lain, ada wa yg isinya mesra2 dll. Tp setiap aku tanya kebenarannya dia pasti mengelak dengan sumpah demi alloh aku jadi percaya kembali. Tapi 3 hari yg lalu aku menemukan bukti yg dia tak bisa mengelak lagi. Dia akui semua perbuatannya dan dia minta maaf dan ingin bener2 bertaubat katanya. Aku memilih untuk mempertahankan rt kami, tapi rasa sakit, marah, hancur jd satu. Kami menikah udah 9 tahun dan belum dikaruniai anak, tapi berdasarkan hasil pemeriksaan suami saya yg azoospermia. Saya Menerima dan iklas dg keadaan dia. Yg lebih menyakitkan saat ini selingkuhannya mengaku klo saat ini dia lagi hamil dr suami saya dan minta pertanggung jawaban. 99,99 % saya yakin klo anak tersebut bukan anak suami saya. Saya sempet berpikir klo suami saya dijebak ama selingkuhannya. Mungkin karena selingkuhan nya itu melihat perekonomian kami yg lumayan mapan. Kami punya usaha kecil2an. Aku lg berusaha memaafkan suami saya tapi terlalu sulit. Terkadang aku kebawa emosi dengan memukul, mencakar, menggigit sampai dia sedikit terluka, tp dia tak pernah membalas. Bahkan dia bilang nggak pa pa yg penting akunya puas dan mengurangi rasa sakit hati saya. Aku sedih dan nangis begitu nglihat Bekas luka itu. Semoga aku bisa keluar dari rasa marah dan sakit hati ini dan kami kuat menghadapi cobaan ini.

    BalasHapus
  19. Sdh hampir 3th sejak kasus perselingkuhan itu terjadi.. Tp hati ini msh blm bisa keluar dr derita.. Apalagi jk teringat kejadian, waktu, lokasi, personal yg mirip dg selingkuhan suami... Setiap kali ingin maju kedepan menatap masa depan lbh baik.. Lagi² gagal & mundur... Suami sdh bertobat & tdk mau mengingatnya lagi.. Tp ht ini blm bs ikhlas 100% menerima kenyataan bhw telah di khianati & di duakan.. Bgmn bs melupakannya.. Saat kondisi emosi stabil bisa utk menahan diri... Tp saat emosi labil.. Goyah lagi pertahanan.. Malah ada keinginan utk berpisah.. Tp hati blm siap... Krn kami sdh memiliki 4 anak yg msh kecil²... Tlg bantu sy bunda... Trmksh...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. sama bun, sy sdh 19 th menikah, punya anak laki2 3 orang, suami selingkuh dan poligami..hancur rasanya bun, baru ketahuan sebulan lalu..yg bunda rasakan kurang lebih sm dgn yg sy rasakan, tp demi menjaga semua sy berusaha bertahan,meskipun sakit hati, kecewa, marah,sedih, msh sering sy rasakan..mari bun, kita sama2 bangkit..demi masa depan dan psykis anak..insyaAllah kita bisa

      Hapus
    3. sama bun, sy sdh 19 th menikah, punya anak laki2 3 orang, suami selingkuh dan poligami..hancur rasanya bun, baru ketahuan sebulan lalu..yg bunda rasakan kurang lebih sm dgn yg sy rasakan, tp demi menjaga semua sy berusaha bertahan,meskipun sakit hati, kecewa, marah,sedih, msh sering sy rasakan..mari bun, kita sama2 bangkit..demi masa depan dan psykis anak..insyaAllah kita bisa

      Hapus
    4. sama bun, sy sdh 19 th menikah, punya anak laki2 3 orang, suami selingkuh dan poligami..hancur rasanya bun, baru ketahuan sebulan lalu..yg bunda rasakan kurang lebih sm dgn yg sy rasakan, tp demi menjaga semua sy berusaha bertahan,meskipun sakit hati, kecewa, marah,sedih, msh sering sy rasakan..mari bun, kita sama2 bangkit..demi masa depan dan psykis anak..insyaAllah kita bisa

      Hapus
  20. Bagaimana kl suami berselingkuh tp tetep keukeh utk mempertahankan perselingkuhannya.. tlng bantuannya..

    BalasHapus
  21. yang namanya bangkai walaupun disemprot parfum sebanyak apapun tetap saja akan tercium bau bangkainya. ini yang sedang saya alami. suami saya telah berselingkuh (berhubungan badan) dirumah kami disaat saya sedang bekerja di kantor dan anak-anak sedang liburan dirumah neneknya. bukti perselingkuhan tersebut tersimpan dalam hape suami yang pada saat itu dia lalai menyimpannya. entah kenapa pada saat itu ada keinginan untuk memeriksa hape suami. padahal selama ini walaupun hape tergeletak dimana-mana, saya enggan untuk mengetahui isi hape tersebut karena itu privacy masing-masing. suami saya seorang pengangguran sejak 6 tahun yang lalu. saya sudah sering mengingatkan bahwa sebagai kepala keluarga hendaklah bekerja. tapi mungkin karena sudah keenakan menganggur ditambah lagi saya seorang wanita karir dengan penghasilan yang cukup besar dan tidak pernah menuntut apapun dari suami saya, makanya dia malas bekerja. saya memang cukup naif, percaya dengan suami pengangguran yang tidak mungkin selingkuh sementara istrinya bekerja. tetapi pada kenyataannya... sungguh saya shock mengetahui bahwa ia membuat rekaman adegan hubungan badan dengan selingkuhannya tersebut dengan durasi hampir 2 menit. lokasi di dalam kamar saya dan suara suami yang terdengar jelas. ditambah lagi puluhan foto-foto wanita yang tidak saya kenal tersimpan di galeri hape nya. ada yang berpakaian lengkap, sebagian bahkan tanpa sehelai benangpun. hancur hati ini rasanya dikhianati sedemikian rupa. sungguh tak tahu diri suami macam ini. bertahun-tahun saya membanting tulang untuk dia dan anak-anak, tapi dia melakukan hal nista begini. saya minta petunjuk kepada Allah apakah suami seperti ini pantas dimaafkan dan sudah pasti akan melakukan hal yang sama kembali atau saya harus bercerai supaya hidup saya tenang tanpa ada tekanan batin seperti ini. akhirnya pada suatu pagi sehabis sholat shubuh, entah ada kekuatan dari mana saya memberanikan diri menggugat cerai suami saya. rasanya hati ini sudah mantap untuk berpisah dengan dia dan tidak ada rasa penyesalan apapun. daripada harus hidup satu atap dengan manusia macam ini diliputi rasa benci dan dendam yang akan menggerogoti hati dan pikiran saya, lebih baik saya memutuskan untuk berpisah dengan dia dan saya akan mengambil hak asuh ketiga anak saya. suami saya bersikeras tidak akan cerai dengan saya dengan alasan kasihan anak-anak. kalau kasihan dengan anak-anak, kenapa tidak kasihan dengan ibunya? sekarang saya dalam proses pengajuan gugat cerai ke pengadilan setempat. mudah-mudahan diberi kelancaran.. amieenn...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda sebetulnya nya saya ingin seperti bunda ,buat apa kita hidup satu rumah penuh dg kebencian dendam nangis tapi apa daya bunda disisi lain ada anak2 yg masih membutuhkan seorang ibu semoga kita kuat ya bunda hidup dg seorang pengkhianat.

      Hapus
    2. benar mbak,suami pengangguran,finansialnya tergantung istri,padahal dia kepala keluarga,sudah begitu tidak tahu diri malah berzina dirumahnya sendiri.
      gugat cerai saja,tapi bukti2 dilengkapi tentunya,itu yang memudahkan PA memutuskan perceraian.
      mbak punya kemandirian finansial kan? janganlah menghidupi parasit atas nama cinta,non sen lah itu.
      mbak layak mendapat suami yang lebih baik lagi,Allah akan berikan,yakinlah karena niat yang baik.
      toh hidup bersama seseorang yang bikin was was seterusnya juga tidak sehat buat mbak,apalagi anak2 juga pada waktunya akan tahu kalau bapaknya pengangguran bejat moral.
      berumahtangga kan mencari tenteram,nyaman,bukannya kemelut dan panas karena ada energi negatif yang masuk kedalam rumah,pahami hal ini.

      Hapus
  22. Setelah baca komentar bunda semuanya ternyata saya tidak sendiri.Saya jg mengalami hal yang sama saya diselingkuhi suami sejak Desember 2015,suami selingkuh dengan teman kampusnya waktu kuliah di Aussie & kebetulan wanita itu kenal baik dengan saya.Waktu di Aussie kami bertiga (saya,suami saya,& wanita itu) sering main bareng,liburan bareng bahkan makan & nonton bareng di kediaman kami.Namun stlh saya pulang duluan ke Indonesia mereka menjalin hubungan yg sudah melebihi batas.Setelah mereka lulus kuliah,mereka pun pulang ke Indonesia.Semuanya baru ketahuan di awal bulan Maret,suatu mlm teman kami itu kirim pesan mesra utk suami lewat whatsaap yg kebetulan hp suami lg saya pegang.Awalnya saya tidak curiga karena yg saya tahu mereka hanya sebatas teman kampus,tp saya penasaran langsung menanyakan pd suami apa maksud dr isi whatsapp itu.Awalnya suami mengelak bilang bahwa mungkin teman kami itu salah kirim pesan.Tapi saya curiga dgn gelagat suami saya yg mnjawab dgn nada agk gugup.Saya terus memaksa apa yg sbnrnya trjadi akhirnya suami saya mengakui semuanya dia sudah selingkuh dgn orang yg sangat saya kenal ya wanita itu teman kami.Betapa sakitnya hati saya mndengar pengakuan dr suami saya,org yg selama ini sudah saya anggap sbgai sdra ternyata tega menyakiti.Mereka sudah pernah berhubungan badan itu yg membut saya merasa jijik sama suami saya.Sekarang suami berjanji akan memperbaiki diri,tp hati saya sulit menerimanya kembali.Saya sekarang benar2 lagi bertarung sama ego saya sendiri utk bnr2 bisa memerima suami saya kembali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nasib qta sama bun,perempuannya teman aku dan suami pun kenal dekat dengannya bahkan dengan suaminya..aku jg sedang bertarung dengan egoku untuk benar2 bsa menerima suamiku kembali.

      Hapus
    2. Saya juga sama Bun 2th saya diselingkuhi suamilebih parah lagi sdh hidup 1atap dan biaya hidup nya saya yg menanggung alasan nya modal kerja

      Hapus
  23. Setelah baca komentar bunda semuanya ternyata saya tidak sendiri.Saya jg mengalami hal yang sama saya diselingkuhi suami sejak Desember 2015,suami selingkuh dengan teman kampusnya waktu kuliah di Aussie & kebetulan wanita itu kenal baik dengan saya.Waktu di Aussie kami bertiga (saya,suami saya,& wanita itu) sering main bareng,liburan bareng bahkan makan & nonton bareng di kediaman kami.Namun stlh saya pulang duluan ke Indonesia mereka menjalin hubungan yg sudah melebihi batas.Setelah mereka lulus kuliah,mereka pun pulang ke Indonesia.Semuanya baru ketahuan di awal bulan Maret,suatu mlm teman kami itu kirim pesan mesra utk suami lewat whatsaap yg kebetulan hp suami lg saya pegang.Awalnya saya tidak curiga karena yg saya tahu mereka hanya sebatas teman kampus,tp saya penasaran langsung menanyakan pd suami apa maksud dr isi whatsapp itu.Awalnya suami mengelak bilang bahwa mungkin teman kami itu salah kirim pesan.Tapi saya curiga dgn gelagat suami saya yg mnjawab dgn nada agk gugup.Saya terus memaksa apa yg sbnrnya trjadi akhirnya suami saya mengakui semuanya dia sudah selingkuh dgn orang yg sangat saya kenal ya wanita itu teman kami.Betapa sakitnya hati saya mndengar pengakuan dr suami saya,org yg selama ini sudah saya anggap sbgai sdra ternyata tega menyakiti.Mereka sudah pernah berhubungan badan itu yg membut saya merasa jijik sama suami saya.Sekarang suami berjanji akan memperbaiki diri,tp hati saya sulit menerimanya kembali.Saya sekarang benar2 lagi bertarung sama ego saya sendiri utk bnr2 bisa memerima suami saya kembali.

    BalasHapus
  24. Knapa ya Tuhan para suami yg harusnya mengasihi istri dan anak malah jadi perusak kehidupan keluarga. ..sungguh sangat egois. .berselingkuh lalu menyalahkan pihak istri. ..kalau saya pria seandainya saya punya kemampuan finansial yg mapan.akan Say tinggalkan suami seperti itu.para suami juga punya kekurangan. .tapi kita para istri tidak seenaknya berselingkuh. Sungguh tidak adil. .suami saya tidak pernah selingkuh tapi sering saya dapati lagi ngobrol dengan wanita di game online..pernah juga ngecek profil perempuan lain di facebook. Tapi kata suami saya terlalu berlebihan. Selalu janji untuk berhenti tapi ada ada saja kelakuan nya yg lain. .itupun saya sdh bosan rasa nya ..melihat kelakuannya. Tapi apa daya kemampuan finansial saya tdk memadai. ..bgm dengan anak anak. .bgm dgn keluarga besar saya.bgm pandangan orang lain di masyarakat. .akhirnya hanya bisa menangis sendiri. ..ya Tuhan berilah keadilan pada kami para istri

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita sama bunda kalau suami sedang selingkuh kita ini dianggap rendah dan sudah tidak ada harga diri lagi melihat istri seperti sampah tapi kalau sdh ketahuan selingkuh sujud 2 dikaki istri minta maaf tapi yg aneh nya bisa mengulangi perbuatan nya .

      Hapus
    2. Ya bun...suami sy pun bgtu smpe sujud" dikaki sy dn mengatakan tdk mengulanginya lg,,tp ttp saja bun suami sy msh sja melakukannya dn akhirnya 3 minggu yg lalu puncak dr semua kebohongannya...sy nekad membertahu suami wanita tu,,
      Smpe skrg pun bun suami wanita tu msh mencari suami sy,,smpe suami sy keluar dr kerjaannya krna takut..
      Tp knp bun sy msh saja bertahan...

      Hapus
    3. waktu suami sujud2 minta ampun,pahami tidak detik berikutnya dia soleh kembali,bukan begitu cara kerja memperbaiki suami bejat
      1.saat suami sujud,istri angkat kedua tangannya dan minta suami aminkan doa istri: ya Allah,betapa suami yang harusnya sebagai pelindungku justru aniaya diriku,aku tidak redho padanya ya Allah,jika ia melakukannya lagi,turunkan azabMu yang pedih,nampakan sehingga semua orang melihatnya,dan saat itulah aku melepasnya......suami harus aminkan doa istri.
      begitu harusnya,yakinlah Allah tidak tidur,Ia melihat kezaliman suami pada istrinya.
      setelah itu mintalah semua kontak2dan alamat personal akun diganti baru.
      amati suami,beri waktu perbaikan sebagai target,jika ia tidak membaik,gugatlah cerai.
      mbak,apakah mbak redho kena HIV/AIDS,syphillis,gonorrhae,semua itu bisa ditularkan suami pada mbak kan?
      kenapa suami yang makan nangka,istri yang harus bersih2 getahnya? tidak adil kan?

      Hapus
  25. Sayapun sedang berusaha berjuang melupakan tingkah suami saya,betul semakin mencoba melupakan semakin sakit rasanya.
    Rumah tangga hampir saja berakhir dipengadilan namun kuasa Allah Maha Besar memberikan kemudahan untuk kita rujuk.namun setelah sebulan kita sekeluarga hidup bersama lagi rasanya ko semakin gak bisa lupa...
    Dan klw lagi teringat saya sma sekali gak mau diganggu,bahkan kdng ditanya suamipun gk mau jawab.
    Rasanya pgn pergiiii tp ada 2 anak yg hrs sy selamatkan psikologisnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama bunda saya juga begitu lagi Merangin perasaan sedih perasaan putus asap yg saya sesali kenapa dulu saya dipertemukan suami seperti ini mudah2an kita bisa kuat ya bunda amin.

      Hapus
  26. Wadah yg mbntu jd solusi, seminggu yg lalu suami sy br ketahuan kl 8 thn nikah siri dg hasil 3 anak. Meskipun dia mngis, mysal dan mentalak 3 istri siri yg dinikahi tnpa tercatat diKUA, tp hatiku trrluka berat, krn kebohongax yg sulit terdeteksi. Bahkan istri sirinya sll menerorku lwt sms dn mc tanpa bicara slm bertahun2 tnpa kuhiraukan krn kufikir niatx jahat dn pengecut. Mysal tdķ megikuti bisikan hatiku jg mimpiku slm ini yg terxta benar. Bgman mungkin hx naluri laki2 yb jauh dr istri lalu bisa sampai 3 anak dg alasn kecolongan? Lalu dimana kekuatan shaltx, sampai dia zina ringan yg dilanjutkn nikah siri. Apa mmg begini kafakter pelaut?

    BalasHapus
  27. Wadah yg mbntu jd solusi, seminggu yg lalu suami sy br ketahuan kl 8 thn nikah siri dg hasil 3 anak. Meskipun dia mngis, mysal dan mentalak 3 istri siri yg dinikahi tnpa tercatat diKUA, tp hatiku trrluka berat, krn kebohongax yg sulit terdeteksi. Bahkan istri sirinya sll menerorku lwt sms dn mc tanpa bicara slm bertahun2 tnpa kuhiraukan krn kufikir niatx jahat dn pengecut. Mysal tdķ megikuti bisikan hatiku jg mimpiku slm ini yg terxta benar. Bgman mungkin hx naluri laki2 yb jauh dr istri lalu bisa sampai 3 anak dg alasn kecolongan? Lalu dimana kekuatan shaltx, sampai dia zina ringan yg dilanjutkn nikah siri. Apa mmg begini kafakter pelaut?

    BalasHapus
  28. Subhanaallah...Bunda bunda yang tegar, saya baru tau saya di khianati suami 1 minggu yang lalu. awalnya 6 bulan yl ketahuan saya baca isi bbmnya mesra mesraan, saat itu saya sangat kecewa, marah dan saya menangis setiap hari. dan dia tidak mengakui katanya hanya chat saja dgn teman sekantor, saya mencoba untuk percaya. namun kelakuannya jadi berubah dia lebih sering pulang malam dan setiap minggu ada saja alasan untuk keluar rumah padahal sebelumnya tidak pernah dia pergi saat libur. setiap pulang malam kira kira jam 12 an atau lebih ( sebelumnya tidak pernah paling telat jam 9 sudah dirumah ). saya agak kesal menayakan kemana hari ini dia jawabnya pasti ada saja. sampai akhirnya peringatan ke 2 dr Allah saya melihat dia chat dgn hp baru bukan hp yg biasa dia pgang. saya marah tp saya tidak menangis sya akhirnya terserah dia. dan dia bilang tidak ada apa2 juga. berlarut2 saya tidak bisa membuktikan kalo dia selingkuh krn setiap sy bicara tentang perempuan siapalah dia bilang saya cm cemburuan saja. sy hanya berdoa kepada Allah saat itu bahwa saya tidak mau suuzon dgn suami krn itu salah. mohon ditunjukan bahwa yang hak adalah hak dan yang bathil adalah bathil. Tepatnya selasa suami saya mau dinas tiba2 sesuatu terjatuh dari kursi mobil saat saya membawakan bekal untuk dijalan. sy lihat itu hpnya yg pernah saya temukan, sya beristigfar dan saya ambil sebagai bukti bahwa dia selingkuh... saat ini trauma atau kesedihan masih terbayang sampai sampai kerjaan di kantor banyak terbengkalai dgn maslaah ini yang menguras otak dan perasaan saya. Saya bertahan dan dia akan berubah katanya. sakitnya bukan main ya bunda.... karena suami sy bukan tipe laki2 yang genit dan lebay sm perempuan dr kami pacaran, dia laki2 yang baik. saya tidak habis pikir kecantol perempuan yang br masuk kerja dikantornya. dan saya juga berfikir sama seperti bunda perempuan ga level dgn saya dia bisa selingkuh dgn laki2 beristri berarti dia perempuan yg tdak baik. bunda terima kasih atas masukan2nya membantu saya tegar dan hrs menjalani kehidupan selanjutnya dgn positif thingking....

    BalasHapus
  29. Pernikahna kami sudah 12 th, anak kami 3 org itulah yang membuat saya bertahan. sekarang anak saya yng ke2 kelas 3 sd perempuan lebih peka kalau org tuanya ada masalah. dia buat surat perjanjian dgn ayahnya bahwa ayah tidak boleh pulang malam lagi hehehe... dia senjata saya supaya sy kuat menahan sakit hati di bohongi terus... bunda2 tetap berjuang bertahan demi psikologis anak2. dan sedang berusaha ikhlas dan tawakal ke Allah aja supaya tidak tersakiti lagi...

    BalasHapus
  30. Saya juga baru dikhianati dgn permainan hati suami dgn mantannya,sudah agak bisa berkompromi dengan sakit dan kecewa namun kepercayaan belum bisa pulih dan paranoid masih membabi buta,padahal hanya dengan permainan hati mereka.walaupun suami janji dan bertaubat,tapi kekecewaan yg tdk logis terhadap saya masih membayangi,dan obsesi wanita itu yg selalu buat sesak nafas,akhirnya sy cari tips dan curhatan spt ini...yang ternyata banyak yg lebih parah kondisinya Dan itu sedikit mengurangi beban psikis saya. Karena sy harus cepat pulih untuk menyelesaikan studi s2 saya.hal ini juga yg membuat saya sibuk dan kurang perhatian pd suami dan anak2.sy lbh introspeksi lagi dan harus menjadi yg terakhir masalah yg mencoreng aib ini.ingin rasanya mengutarakan kronologinya tp spt mengingat2 hal menyakitkan itu...Ok bunda TRIms bt pencerahannya.

    BalasHapus
  31. Saya juga baru dikhianati dgn permainan hati suami dgn mantannya,sudah agak bisa berkompromi dengan sakit dan kecewa namun kepercayaan belum bisa pulih dan paranoid masih membabi buta,padahal hanya dengan permainan hati mereka.walaupun suami janji dan bertaubat,tapi kekecewaan yg tdk logis terhadap saya masih membayangi,dan obsesi wanita itu yg selalu buat sesak nafas,akhirnya sy cari tips dan curhatan spt ini...yang ternyata banyak yg lebih parah kondisinya Dan itu sedikit mengurangi beban psikis saya. Karena sy harus cepat pulih untuk menyelesaikan studi s2 saya.hal ini juga yg membuat saya sibuk dan kurang perhatian pd suami dan anak2.sy lbh introspeksi lagi dan harus menjadi yg terakhir masalah yg mencoreng aib ini.ingin rasanya mengutarakan kronologinya tp spt mengingat2 hal menyakitkan itu...Ok bunda TRIms bt pencerahannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
    2. Ter nyata mereka lebih jauh dr permainan hati...tetapi sdh berzina...MasyaAllah spt runtuh bumi ini. ..td sy cb hargai kejujurannya...skr menata hati untuk ikhlas ...membuang rasa jijik dan kurang percaya diri...demi Hati2 yg tdk boleh tersakiti...mncoba mendekatkan diri pada Ilahi dan berkarya lagi. ..walaupun skr spt mati rasa

      Hapus
    3. Sama bunda,masih bagus suami bunda mengakui perbuatan nya ,kalau suami saya GK pernah mengakui semua ,sedangkan barang bukti sdh saya pegang semua,contoh nya kunci kuskusanya mereka ,nah saya dg sudah payah menemui perempuan ini akhir nya berhasil ,dan saya bisa meredam emosi saya dg harapan uang2 saya bisa kembali dan perempuan ini sanggup mengembalikan uang itu tapi ternyata perempuan'itu cuma ngomong doang karena uang itu untuk masa depan anak-anak saya dan modal dagang saya ,padahal perempuan ini karyawan bank jadi pimpinan cabang BNI Kuningan tepat nya di kantor the ies setiap saya datangin bilang nya ada cuti lah lagi rapat diluar lah sampai2 sekarang posisi meja kerja nya sdh diduduki orang lain dan saya bingung saya harus lapor kemana saya dan uang itu tidak sedikit uang itu ratusan juta bunda dan saya juga sama bunda. Saya sdh mati rasa sama suami ,benci dendam sampai2 sekarang saya sudah tidak bisa melayani suami lagi rasanya saya jijik lihat suami karena sudah keterlaluan mau senang2 sama perempuan ini minta modal saya ngomong nya untuk modal kerja itu dilakukan hampir 2th dan itu karena sdh terungkap semua perselingkuhan rencananya saya datangin pimpinannya tapi apa bisa ya bunda?Perempuan ini bener2 keterlaluan sekali.dan GK punya moral GK punya hati ,

      Hapus
    4. Sy coba bertahan dan melewati semua trauma ini...hingga suatu saat sy harus bilang ...sy ingin bahagia...

      Hapus
    5. Sy coba bertahan dan melewati semua trauma ini...hingga suatu saat sy harus bilang ...sy ingin bahagia...

      Hapus
  32. Susah banget melupakan perselingkuhan swamiku slama4th, bhkan sdh niat utk nikah sirih dgn wil nya.

    BalasHapus
  33. Laki" A- moral rendah iman.martabat rendah.swami yg sdh brani selingkuh thd istri nya.bg istri sangat sulit melupakan nya.d mn sdh di lakukan 4th bhkan sdh niat nikah siri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok sama ya bunda sekarang sdh ketahuan.jadisosok baik seakan akan tidak ada kesalahan dan Perempuan ini bener2 dilindungi dan bungkam seribu kata untuk melindungi
      Perempuan ini dan sangat tega dg istrinya sendiri dibiarkan istrinya sakit hati menangis tdk perduli tapi diajak pisah tdk mau maksud saya kalau mau nikah nikah saja karena saya sudah sangat kecewa sekali dan capek nangis daripada saya disakitin terus anak2 juga sependapat dengan saya capek mikir bunda mudah2an kita 2 ini diberikan oleh Allah SWT untuk menghadapi ini semua ya bunda.

      Hapus
  34. Laki" A- moral rendah iman.martabat rendah.swami yg sdh brani selingkuh thd istri nya.bg istri sangat sulit melupakan nya.d mn sdh di lakukan 4th bhkan sdh niat nikah siri.

    BalasHapus
  35. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  36. Saya di selingkuhi tunangan saya dengan persiapan pernikahan yang hampir beres, dari awal pacaran dia selalu begitu saya fikir 2tahun bersama dengan semua pengorbanan saya dia akan berubah nyatanya tidak,terakhir dia selingkuh dengan janda dua anak dan itu sangat menyakitkan dan akhirnya pernikahan kami batal, hampir 10 bulan tapi saya masih takut dengan kegagalan kemarin, saya masih sering menangis jika ingat perlakuan dia sama saya bunda,membaca semua cerita bunda2 buat saya kuat, Tuhan telah menyelamatkan saya dari pernikahan yg keliru, pengkhianatan sebelum pernikahan tidak ada apa2 di banding perselingkuhan setelah pernikahan, kuatlah wanita luar biasa badai pasti berlalu n kebahgiaan ada untuk orang2 berjiwa besar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Amin itu betul daripada dari pada sdh terlanjur nikah diselingkuhi terus mudah2an adik mendapatkan yg lebih baik

      Hapus
  37. Ya Allah,semoga kita para istri diberikan kekuatan untuk bertahan melanjutkan hidup ya bunda. Saya seorang istri yg telah diselingkuhi suami ketika telah hamil tua sampai umur anak kami 3 bulan. Waktu itu saya berada di rumah orang tua saya yg brada diluar kota. Dia beralasan bahwa saya sdh tdk perhatian lg dan dia kesepian tinggal sendiri jd dia berselingkuh dgn teman kantornya. Dan miris skali ketika saya mendapati smua pesan mesra mereka. Satu pesan yg hingga kini tdk bisa saya lupakan adalah"aq biarin seminggu ini km sm istrimu".Remuk hatiku membacanya blm lg suami menjelek jelekkan aq d depan selingkuhannya. Aq sangat sedih dan tak bisa bercerita pada keluarga besar karna tak ingin aib ini tersebar. Kini udah 2 bulan sejak dia ketahuan selingkuh. Tp aq tetap saja tidak bisa melupakannya. Semoga Allah memberikan jalan terbaik.Amin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang kita alami sama bunda 😭😭😭 tapi suami saya selingkuh dengan perempuan saweran itu yg tdk sy terima sekali..yang kuat bunda.. pasti susah sekali melupakan semuanya karena terus menerus muncul dalam ingatan bgmna jahatnya dia berselingkuh sementara kita mengandung anaknya dan bersusah payah melahirkannya.. 😭😭 semangat yaaa

      Hapus
    2. Taun 2009 pd saat sy baru melahirkan anak sy ke3...suami sy ketauan berbuat selingkuh...sakitnya Masya Allah....malam2 sy mengurus bayi merah kami..dia plg dgn bau parfum wanita yg kemudia sy ketahui mrk hbs nonton dan melakukan maksiat...sampai detik ini walophn sy ttp bertahan dlm perkawinan kami rasa sakit ini tdk pernah hilang...dan kelakuan suami sy ini ternyata diulang kembali berkali kali..janji utk berubahnya adlh janji palsu...yg ada hny rasa sesal sy knp pd saat 2009 terjadi peselingkuhan tsb sy tdk menggugat cerai saja....kembli lg hny krn byk hati dan byk pihak yg sy pertimbangkan skrg sy hny berpikir hidup utk ketiga anak sy...bgm mrk mjd anak2 yg baik...sedangkan dosa zinah dan maksiat suami sy...sy yakin Allah tdk tidur...seandainya balasan tdk dtg didunia maka diakhirat akan ada perhitungannya...sy lbh perbyk ibadah dan mendekatkan diri kpd Allah krn satu2nya kekuatan hny pada Allah SWT...

      Hapus
    3. Taun 2009 pd saat sy baru melahirkan anak sy ke3...suami sy ketauan berbuat selingkuh...sakitnya Masya Allah....malam2 sy mengurus bayi merah kami..dia plg dgn bau parfum wanita yg kemudia sy ketahui mrk hbs nonton dan melakukan maksiat...sampai detik ini walophn sy ttp bertahan dlm perkawinan kami rasa sakit ini tdk pernah hilang...dan kelakuan suami sy ini ternyata diulang kembali berkali kali..janji utk berubahnya adlh janji palsu...yg ada hny rasa sesal sy knp pd saat 2009 terjadi peselingkuhan tsb sy tdk menggugat cerai saja....kembli lg hny krn byk hati dan byk pihak yg sy pertimbangkan skrg sy hny berpikir hidup utk ketiga anak sy...bgm mrk mjd anak2 yg baik...sedangkan dosa zinah dan maksiat suami sy...sy yakin Allah tdk tidur...seandainya balasan tdk dtg didunia maka diakhirat akan ada perhitungannya...sy lbh perbyk ibadah dan mendekatkan diri kpd Allah krn satu2nya kekuatan hny pada Allah SWT...

      Hapus
  38. terima kasih artikelnya Bunda..
    Saya jadi tau, saya tidak sendiri. Ada banyak perempuan-perempuan kuat di luar sana..

    Semoga Allah memberikan pencerahan, keikhlasan & kebahagiaan selalu untuk semua perempuan tangguh di luar sana. Aamiin..

    BalasHapus
  39. Pernikahan kami baru 3 thn .Suami saya baru 1 minggu yg lalu ketahuan selingkuh saat melihat chat di WA nya dan saya call selingkuhan ny itu...bukan nya meminta maaf malah marah2.Padahal usia anak kami baru 3 bulan.Dy blg selama hamil n melahirkan saya kurang perhatian.Padahal kehamilan ini br km dapatkan setelah 3 thn menikah.Dy sering berkata akan lebih sayang sm saya saat saya bisa memberi dy keturunan...nyata nya tidak.Dy lebih memilih selingkuh.Selama hamil saya juga harus bekerja dgn jarak yg lumayan jauh krn suami saya tidak bekerja.ketika ketahuan selingkuh ...dy mengaku single n ingin menikahi selingkuhan ny itu(pengakuan selingkuhannya)...Ya Allah pdhl kami br pny baby yg lucu...betapa hancur hati saya lg.ketika suami saya ketahuaan selingkuh malah dy yg lebih marah dy blg saya penyebab perselingkuhan ini karna kurang perhatian saat hamil n melahirkan.Dy bukan ny meminta maaf justru mengejar terus selingkuhannya dan menyakinkan dengn menjelek2an saya.No hp selingkuhan itu sudah saya hapus.Namun terus2an muncul lg.Nama ny diganti menjadi nama laki2.Bagaimanapun feeling istri kuat..dan anak saya sering rewel klu papa ny keluar kota.Ketika saya ingin pergi dri rumah dy melarang tp tdk sedikitpun meminta maaf justru no hp selingkuhan itu msh dy simpan.Sekarang binggung hrs bagaimana...kadang saya ingin pergi lg n cerai tp jika teringat anak saya urung lg keinginan itu.Chatting Mesra dan foto di hp suami saya selalu terbayang -bayang dibenak saya. Kalau ingat kejadian itu lg saya pasti langsung nangis n rapuh :(.perselingkuhan suami jg membuat saya kurang PD melihat seligkuhannya itu cantik n muda...Saat ini betapa sulit untuk mempercayai n menerima kembali suami saya. Kadang2 saya bertanya kenapa n mengapa ini harus terjadi kepada saya.Terlebih alm ibu saya jg mengalami nya :( hingga ia meninggal...Ya...Allah hamba tak bs setegar alm ibu. :( (diselingkuhi sampai meninggal). Kami para istri jg ingin hidup bahagia.Mudah2an kita semua diberi keikhlasan,kesabaran n ketegaran oleh Allah (amiin).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah laki2 mrk diciptakan mmg utk berpoligami, tidak puas hanya dg 1perempuan yg dicari bukanlah cinta dan kasih sayang tp hanyalah sekedar mengejar kenikmatan yg tdk pernah berakhir. Ego mrk mbentuk pribadi yg sok kuasa, mmgang kendali dan mrk tau betul bhwa wanita penuh pemaaf, sabar dan cepat kasihan, maka mrk mggunakan cara jitu tsb utk mndapatkan maaf dr para istri....
      Memang sangat tdk mudah memaafkan pengkhianatan tsb krn hati kita bukan dr batu apalg utk melupakan adalah hal yg mustahil, bayangan2 tsb pasti akan muncul trs apalg saat hrs melayani suami , wah sy bs mbayangkan perasaan bunda2.
      Wanita di ciptakan mmg sungguh luar biasa, mampu bertahan dg kondisi berat, mampu memaafkan sekalipun disakiti berkali2, bersandiwara didpn anak2,keluarga dan sosial, harus tersenyum manis disaat hati menangis, luar biasa sosok wanita yg trlihat lemah tp justru sosok yg kuat.
      Tidak cukup mmg hanya kata sabar...sabar..sabar..kalau kejadian yg sama trs terjadi berarti ada yg salah, ada yg hrs berubah dan itu adalah kita para wanita, benar bhwa kitapun layak BAHAGIA jgn takut dg pandangan org, jg dg masa depan krn kita jg butuh bahagia dan bangkit. Berdoa dan pasrah padaNya yg tidak akan meninggalkan kita hambaNya, jadilah wanita kuat, hebat dan berani berjuang. Tidak ada yg mustahil jika kita di jalan yg benar, Semangat ya moms Tuhan mberkati kita semua. Amin

      Hapus
  40. tidak semua suami berselingkuh, istri juga banyak..hanya mari kita lihat secara bijak, perselingkuhan seringkali terjadi atas dasar lunturnya rasa kurang nyaman terhadap pasangan ( bisa suami ke istri, atau sebaliknya ) anehnya jalur verbal communication banyak mengalami kebuntuan, jika sudah begini yg bicara jalur non verbal communication.kalau diibaratkan maju mundur atau pailitnya sebuah perusahaan nya hanya bergantung sama 1 pemimpin ny(org banyak mengibaratkan suami ) padahal ini tdk benar, bs terjadi juga akibat ada ketidakcocokan visi dgn co founder (istri )..22 nya juga punya andil pemicu, yg bahayanya kebanyakan org merasa diselingkuhi padahal ada andil dari org tsb yg memicu terjadinya perselingkuhan. jdi be wise lah dalam memberikan pola penjelasan.

    BalasHapus
  41. tidak semua suami berselingkuh, istri juga banyak..hanya mari kita lihat secara bijak, perselingkuhan seringkali terjadi atas dasar lunturnya rasa kurang nyaman terhadap pasangan ( bisa suami ke istri, atau sebaliknya ) anehnya jalur verbal communication banyak mengalami kebuntuan, jika sudah begini yg bicara jalur non verbal communication.kalau diibaratkan maju mundur atau pailitnya sebuah perusahaan nya hanya bergantung sama 1 pemimpin ny(org banyak mengibaratkan suami ) padahal ini tdk benar, bs terjadi juga akibat ada ketidakcocokan visi dgn co founder (istri )..22 nya juga punya andil pemicu, yg bahayanya kebanyakan org merasa diselingkuhi padahal ada andil dari org tsb yg memicu terjadinya perselingkuhan. jdi be wise lah dalam memberikan pola penjelasan.

    BalasHapus
  42. Banyak sekali yg nasibnya jauh lbh buruk dr saya, sudah banyak sekali artikel yg saya baca u/ menemukan solusi bgimana bisa memaafkan suami yg selingkuh, tp benar ini sangat sulit sekali. Suami saya ketahuan selingkuh ketika saya baru saja melahirkan anak pertama, setelah satu tahun lewat dia mengulanginya lg, skrang sudah lewat satu tahun tp saya ttp sakit hati, jika lihat suami benci sekali. Kami ingin memperbaiki hubungan, bagaimana caranya memanage emosi , amarah ? Krna sampai skrang saya selalu emosi ketika melihat suami.

    BalasHapus
  43. Artikel nya sangat sesuai sama yang saya alami .. saya dan suami terpaksa terpisah jarak antara jawa dan kalimantan karena bekerja dan posisi saya hamil besar jadi pantang keluar2 pulau dulu. Tapi sakit nya setelah saya melahirkan kmudian menyusul suami saya di jawa. Lebih sakit daripada proses melahirkan yg sy baru sj alami.. kenyataan suami berselingkuh berbulan2 dengan perempuan saweran.. sakiiittt luar biasa. Walaupun suami sdh mengakui dan meminta maaf jg berjanji berubah ,, saya yg memilih memaafkan malah tersiksa sendiri.. hati saya bilang iya saya maafkan .. tapi otak saya selalu memutar ingatan2 ketika suami saya dgn perempuan itu.. sangat ingin lepas dri semua itu tapi bagaimana? Sering saya nangis sendiri. Waktu sholat juga nangis sejadi2nya tp tetap tidak bs menghapus ingatan itu.. sempat berfikir apa sy sdh gila? Krn terus terang berat sekali diposisi ini.. mohon sarannya apa yg hrus sy lakukan lgi ?? Tp sy tdk mau mengakhiri rumah tangga ini mengingat anak kami masih butuh org tua lengkap nya setiap hari.. ����������

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak istigfar. Niatkan khusus untuk suami setiap sabtu malam minggu jangan bangun dari sehabis sholat maghrib. niatkan khusus sebut nama suami bin .... biar sayang sama kita (sebut nama kita bin....)lalu baca Alfatihah sebanyak 21x.

      Hapus
    2. Terimakasih mas deni sarannya .. insha Allah saya cb jalankan ya .. walaupun sampai detik ini sy masih bertanya2 apa yg sebenarnya laki laki cari dgn berselingkuh? Padahal saya jujur saja masih sangat muda dan sangat merawat diri dn penampilan saya luar dalam.. sy jg tdk lupa kpd Allah .. lalu apa alasan suami saya ya menyukai perempuan nakal itu yg bs d blg sdh tua dn tdk terawat.. apa suami sy terkena ilmu pelet dan guna2? Apa lg yg saya hrus lakukan agar dy terlepas dri itu semua?

      Hapus
    3. mohon kacamata penilaian jangan dari mbak sendiri,kan yang celamitan suami?
      mbak masih muda,cantik katakan,berpikirlah bahwa mbak layak mendapatkan lebih dari kelas suami seperti sekarang ini.
      mendoakan suami supaya mendapat hidayahNya penting,namun ketika ia diberi hidayah olehNya,lalu tidak dijaga,ya hilang juga itu hidayahNya.
      justru saat dia ketahuan selingkuh,dengan catatan ada bukti2nya,dihukum saja misal,tidak dilayani makan minumnya,tidak boleh ketemu anaknya,baju2nya ditelantarkan saja,mbak juga pisah kamar sekalian,lihat reaksi suami,ia sadar bahwa dirumahnya sendiri diasingkan,lalu jika makin menggila,tulis surat kepadanya,minta ijin untuk meninggalkan rumah,kembali ke orangtua ,sampaikan pada orangtua tentang kesulitan rumahtangga ,dan lihat lagi reaksinya,
      jika suami tidak menyadari kesalahannya,berarti memang ia sudah tidak memperdulikan rumahtangganya,akan sulit ketika istri mencoba membangun tembok,tapi suami selalu meruntuhkan kembali,sia sia saja.
      jika suami kemudian sadar,beri waktu dan amati perbaikan dirinya,namun tetap keluarkan ancaman gugat cerai padanya,karena diampuni lalu kambuh lagi dan begitu seterusnya itu bukan rumahtangga namanya.
      belum mbak baik2,tahu2 ditest sudah kena HIV/AIDS,syphillis mungkin,pikirkanlah diri sendiri juga.
      atas nama cinta,anak2 boleh2 saja,tapi diri sendiri lebih penting lagi untuk dipikirkan.

      Hapus
  44. Membaca komemtar disini...saya merasa...saya tidak sendiri...trnyata banyak wanita2 hebat diluar sana...semoga kita para istri yg menjadi korban...selalu diberi kekuatan dalam menghadapi semua ini...bersimpuh pada Allah hanya yg bisa kita lakukan..beraerah diri...

    BalasHapus
  45. Bunda Ajeng... Artikelnya bagus..
    Aku hanya bisa komentar seperti ini. Dan mungkin jalan terbaik untuk kita sebagai istri adalah terus dekatkan diri pada Sang Pencipta.
    Selingkuh itu dosa, dan laknat Tuhan pasti akan dilakukannya kapanpun pada pengkhianat ikrar suci. :)

    BalasHapus
  46. Tulisan bunda ini sungguh menguatkan aku,,sakitnya di khianati oleh dua orang yang aku sayang,suami berselingkuh dengan sahabat sendiri,,dan sudah sejauh itu.bahkan sudah berjalan hampir 8bln lamanya,,entah bagaimana lg aku mengungkapkan perasaanku.hati aku hancur berkeping-keping,hampir "gila" krna semua ini.tp setelah aku buka blog ini ternyata aku ga sendiri,aku berjuang bersama bunda2 hebat lainnya,saat ini aku sedang berusaha menata hatiku kembali,belajar ikhlas menerima takdir hidup yg Tuhan haruskan untukku.insyaallah aku ikhlas menerima suamiku kembali walaupun saat ini aku msh pisah rumah dengannya,,semangat untuk semua bunda hebat..😞😞😢

    BalasHapus
  47. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  48. Terimaksih artikelnya sangat membantu aku untuk tidak terlalu larut dalam kesedihan. Ternyata masih ada org lain diluar sana yg memiliki nasib sama sepertiku.semoga allah memberikan kita kesabaran untuk menjalani semua ini aamiin

    BalasHapus
  49. Artikel bunda sangat membantu sekali... Trnyata saya tidak sendiri.. Suami bru ketauan selingkuh 2bln ini sakiiiiit sekali rasanya karena dy selingkuh untuk yg kdua x nya... Dan ini yg paling menyayat hati😩

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pertama sdh ketahuan.. diberi kesempatan di maafkan dan masih mengulang .. bunda harus tegaskan, maaf ya kita perempuan jgn terlalu lemah .. saya alami jga tp ckup sekali bagi sya pengkhianatan itu. Kalau 2x buat surat perjanjian hitam diatas putih bunda,kalau bunda maafkan misal terjadi yg ke3 nnti dy akan memenuhi isi tuntutan dri bunda kmren krn dy melanggar.. isi aja hak2 apa yg bunda mau minta. Saya jg misal suami lagi lagi sprti itu .. sy akn buat sprti itu tp disaksikan org tua yg bersalah..

      Hapus
    2. ya mbak April,itu dihukum maksudnya,sharingku di atas juga mengungkap perlunya memberi hukuman pada suami yang celamitan atau bahkan bejat moralnya.

      Hapus
  50. Astaghfirullah..knp kaum perempuan yg sll jdi korban.?

    BalasHapus
  51. Sudah 4 tahun berlalu sejak suami menyelingkuhi saya, tapi hingga saat ini saya masih bergumul dengan rasa sakit saya, saya mencoba ikhlas dan melupakan, tapi tidak pernah bisa, stiap malam saya selalu mimpi buruk, dan jika melihat wajah suamu say selalu menangis. Mungkin karna ini begitu menyakitkan, saya bertemu langsung dengan wanita itu, dia menceritakan semua pada saya, setiap sentuhan, setiap kata2. Haha.. Dan saat itu di depan wanita itu saya sangat kuat, saya tidak marah atau menangis, saya hanya bilang, jika kalian saling mencintai maka lanjutkan. Lalu saya tinggalkan mereka. Tapi setelah jauh dari mereka saya menangis sejadi2 nya. Saat itu saya hamil 2 Bulan. Suami tidak mau menceraikan saya, dan demi Allah sebenarnya sayapun tidak ingin bercerai, karna saya begitu mencintai suami saya. Dan hingga saat ini alhamdulillah kami masih bersama. Saya tidak pernah mengungkap kan rasa sakit saya pada suami, saya selalu pura2 sudah melupakan semua itu, karna saya tidak ingin suami saya terluka atau merasa bersalah. Sampai saat ini. Saya selalu berharap saya bisa benar2 melupakan kejadian itu. Tapi hingga sekarang saya tetap tidak bisa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mb, tolong bantu saya agar bisa kuat dan setegar mb...saya baru 5 bulan ini berjuang melawan rasa sakit mb...Suami ketahuan selingkuh saat lebaran ketiga idul fitri kemarin mb, dan sampai saat ini saya belum bisa menerima ini semua, apalagi selingkuhannya jauh lebh cantik, lebih pintar, lebih seksi dr sya...apalah artinya saya yang jika dibandingkan dgn selingkuhan suami saya...Dari waktu 5 bulan itu, sudah berapa kali suami ketahuan tetap berhubungan dengan wanita itu, mereka tetap chat d WA, BB atau IG mb..bahkan menghapus no hp nya saja suami saya tidak mau...

      Hapus
    2. Hi Mba... :) i'm proud of you so much.. hampir 90persen kasus kita sama, perbedaannya hanya saya kala itu sudah memiliki buah hati. Ough Tuhan tidak pernah tidur Mba, laknat Allah akan datang kini atau nanti... dan kalau suami sudah berubah, itu patut disyukuri. Untuk WIL yang masih mengejar suami saya hingga sekarang, saya doakan dia mendapatkan jodohnya selain suami saya, langgeng dengan pasangannya dan hidup bahagia. Kalau suami mengulang lagi, saya akan minta cerai dan tolong carikan saya calon suami yang pekerjaannya setara dengan dia,dan orangnya lebih baik dari suami. Di belahan bagian dunia manapun tidak ada orang yang sempurna ya Mba... ketika suami berselingkuh karena anggap saya memiliki banyak kekurangan, saya pun menyodorkan cermin bagaimana harusnya dia pun malu telah berbuat zina :). Semangat Mba... !

      Hapus
  52. Hati bunda mulia sekali.. subhanallah luar biasa.. semangat terus y

    BalasHapus
  53. Saya udah 1 bulan ini, mengetahui kalau suami saya selingkuh...
    Sebelumnya saya memang menaruh curiga..
    Karna tidak seperti biasa saat kami ngobrol di t4 tidur dia bicara, bagaimana kalau jodoh kami sudah habis,, gmana dengN anak anak, gmna klu quw melakukan kesalahan dan kamu gk bisa memaafkan.. Tidak biasa dia berkata seperti itu,, dan kecurigaan saya bertambah saat suami bicara minta ijin mau nikah lagi... Rasanya kaya d sambar petir kami sering bercanda, tapi gk pernah bercanda yang sambil merengek rengek... Saat itu saya memang ada rencana ket4 saudaranya suami saya dan yang buat saya juga curiga biasanya, klu saya krmh saudaranya dia gk pernah mau saya lama lama disana katanya dia kesepian gk ada anak anak dan saya, tapi kali ini beda dia malah nyuruh saya lama lama saja... Ok sampai di titik cerita dia sendiri yang menceritakan semua karna kata dia, dia merasa bersalah nyembunyiin ini semua dri saya... Dia mengenal perempuan itu sudah jln 2 thn karna memang tuntutan kerjaaan.. Tapi dia mulai dekat dan intens baru 1 bulanan lebih... Perempuan itu sudah tau kalau suami saya punya istri dan 3 orang anak... Tapi entah kenapa dia masih mau meladeni suami saya... Alasan suami saya dia merasa nyaman sama cwe itu dan asyik... Suami saya bilang dia gk pernah kemana kemana sama cwe itu cuma tlp tlp saja, tapi saat saya cari tau dengan cwe itu dia cerita mereka pernah ketemuan 1 kali.. Itupun ngopi ngopi aja... Dan bukan jalan b2an tapi mank ketemuan di sana... Suami saya bilang saya kurang perhatian sama dia, dan saya suka over kalau marah.. Ok mungkin benar tapi tetap buat saya itu bukan alasan buat dia selingkuh... Suami saya minta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi... Tapi memang benar kata bunda bunda dia atas.. Memang susah menghilangkan sebuah memory karna penghianatan.. Sakit banget, apalg suami saya gk pernah mau menceritakan detail perselingkuhannya... Katanya dia tidak ingin menambah sakit hati saya... Tapi saya tau semua itu dri perempuan itu, semua dia ceritakan... Dan sakit banget... Saya ingin melupakan tapi bagaimana saya malah sering bertengkar hebat dengan suami setiap saya mengingatnya.. Dan suami slalu bilang saya untuk melupakan karna akan menyakiti saya sendiri... Saya bingung harus bagaimana.. Sakit saya setiap suami bilang kalau perempuan itu perempuan baik sekali...

    BalasHapus
    Balasan
    1. dikatakan suami bahwa perempuan itu baik kan karena dia lagi kasmaran.
      kalau permpuan baik2,kenapa tahu laki2 itu punya istri koq tidak menjauhi,malah mau direbut,itu bukan perempuan baik2lah.

      Hapus
  54. Padahal klu memang dia perempuan baik, dia gk mungkin hadir di antara kami, padahal dia tau klu suami saya itu sudah berkeluarga dan punya 3 anak.. Kadang saat saya diam saya teringat, masih banyak pertanyaan di hati saya.. Saya harus bagaimana, ada niat ingin membalasnya, biar dia mengetahui bagaimana perasaan saya waktu mengetahui ada orang lain yang suami saya sayang selain saya.. Apakah benar klu saya punya gikiran seperti itu.. Saya kasian liat k3 anak saya..

    BalasHapus
  55. Padahal klu memang dia perempuan baik, dia gk mungkin hadir di antara kami, padahal dia tau klu suami saya itu sudah berkeluarga dan punya 3 anak.. Kadang saat saya diam saya teringat, masih banyak pertanyaan di hati saya.. Saya harus bagaimana, ada niat ingin membalasnya, biar dia mengetahui bagaimana perasaan saya waktu mengetahui ada orang lain yang suami saya sayang selain saya.. Apakah benar klu saya punya gikiran seperti itu.. Saya kasian liat k3 anak saya..

    BalasHapus
  56. Saya udah 1 bulan ini, mengetahui kalau suami saya selingkuh...
    Sebelumnya saya memang menaruh curiga..
    Karna tidak seperti biasa saat kami ngobrol di t4 tidur dia bicara, bagaimana kalau jodoh kami sudah habis,, gmana dengN anak anak, gmna klu quw melakukan kesalahan dan kamu gk bisa memaafkan.. Tidak biasa dia berkata seperti itu,, dan kecurigaan saya bertambah saat suami bicara minta ijin mau nikah lagi... Rasanya kaya d sambar petir kami sering bercanda, tapi gk pernah bercanda yang sambil merengek rengek... Saat itu saya memang ada rencana ket4 saudaranya suami saya dan yang buat saya juga curiga biasanya, klu saya krmh saudaranya dia gk pernah mau saya lama lama disana katanya dia kesepian gk ada anak anak dan saya, tapi kali ini beda dia malah nyuruh saya lama lama saja... Ok sampai di titik cerita dia sendiri yang menceritakan semua karna kata dia, dia merasa bersalah nyembunyiin ini semua dri saya... Dia mengenal perempuan itu sudah jln 2 thn karna memang tuntutan kerjaaan.. Tapi dia mulai dekat dan intens baru 1 bulanan lebih... Perempuan itu sudah tau kalau suami saya punya istri dan 3 orang anak... Tapi entah kenapa dia masih mau meladeni suami saya... Alasan suami saya dia merasa nyaman sama cwe itu dan asyik... Suami saya bilang dia gk pernah kemana kemana sama cwe itu cuma tlp tlp saja, tapi saat saya cari tau dengan cwe itu dia cerita mereka pernah ketemuan 1 kali.. Itupun ngopi ngopi aja... Dan bukan jalan b2an tapi mank ketemuan di sana... Suami saya bilang saya kurang perhatian sama dia, dan saya suka over kalau marah.. Ok mungkin benar tapi tetap buat saya itu bukan alasan buat dia selingkuh... Suami saya minta maaf dan berjanji tidak akan mengulanginya lagi... Tapi memang benar kata bunda bunda dia atas.. Memang susah menghilangkan sebuah memory karna penghianatan.. Sakit banget, apalg suami saya gk pernah mau menceritakan detail perselingkuhannya... Katanya dia tidak ingin menambah sakit hati saya... Tapi saya tau semua itu dri perempuan itu, semua dia ceritakan... Dan sakit banget... Saya ingin melupakan tapi bagaimana saya malah sering bertengkar hebat dengan suami setiap saya mengingatnya.. Dan suami slalu bilang saya untuk melupakan karna akan menyakiti saya sendiri... Saya bingung harus bagaimana.. Sakit saya setiap suami bilang kalau perempuan itu perempuan baik sekali...

    BalasHapus
  57. Saya masih sakit sampai sekarang, suamiku selingkuh saat aku hamil anak kedua,dan berlanjut terus sampai aku melahirkan,padahal prosesnya caesar,,fisik yg msh sakit ditambah dgn hati yang disakiti suami,hancur rasanya,sulit sekali untuk mengobati hati ini

    BalasHapus
  58. Alhamdulillah ak nemu tulisan ini, membatu saya bisa lebih mengutakan saya. suami saya sudah selingkuh 3 kali ini, anak saya sudah 2, ibu saya sakit2an, gak bisa saya minta cerai. saya gak bisa membebani ibu saya dengan masalah ini. sudah sholat tahajut, baca dzikir, baca yasin slalu saja masih nangis dengan sndrinya..awal tahun ini mudah2n awal kebaikan awal tahun mengetahui perselingkuhan suami. saya harus kuat saya tdk boleh menyerah makasih ada bnyak teman disini saya merasa tidak snrdiri lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak taa., 3 kali itu, habis ketahuan diulangi lg, atau sdh 3 kali baru ketahuan?
      saya mengalami hal sama mbak, suami saya malah sdh 5 kali dg org yg sama, tp 5 kali itu baru ketahuan skrg.,

      Hapus
  59. Membaca semua komen ini, saya baru sadar bahwa saya tidak sendiri. Saya sndiri sedang berusaha memperbaiki perasaan saya pada suami saya yang terpergok berciuman mesra dan mungkin juga sudah tidur dengan perempuan lain beberapa Bulan lalu. Ternyata memang laki-laki diluar sana semua sama, ketika mereka memiliki istri yang baik. Malah bersenang senang dengan perempuan yang tidak baik diluar sana.

    BalasHapus
  60. Ass,,
    Bunda saat saya memasuki kehamilan 9 bulan saya dengan suami tidak tinggal serumah,saya tinggal di rumah nya kami berjauhan karna suami saya kerja.
    Ternyata setelah anak kami berusia 9 bulan saya baru tau ternyata waktu kandungan saya 9 bulan suami saya selingkuh,,hati saya sakit hanya bisa menangis dan bertanya pada suami kok tega lakukan di saat saya lagi mengandung.Apa salah saya?
    Tapi dia jawab dia meminta maaf dan waktu itu saya ingin pisah tapi hati saya makin berpisah aku semakin sayang suami saya saya di selimuti rasa kebingungan haris bagaimana,,di saat saya bertanya pada nya mengapa dia lakukan hal seperti itu dia hanya menjawab,sudah lah saya sudah lupakan itu katanya saya tidak usah ingat lagi.
    Dan sekarang saya bingung apakah dia benar tidak akan mengilanginya bun?
    Saya sempat berpikir untuk membalas sama seperti yang suami saya lakukan.
    Tapi kembali pada intinya aku ingat anak kami yang masih kecil.
    Tolong bunda bagaimana saya bisa jalani ini dengan tenag.
    Trimakasih banyak bun,.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda yg kita alami sama persis. Namun sejauh ini sy memilih memaafkan dia dn memberi kesempatan. Walaupun hati kita benar2 menolak kenyataan kita harus terus2 bersama pengkhianat keji itu.. tp hati anak2 jauh lebih penting kita jaga krn sy tau rasanya punya org tua yg bercerai.. kalau bisa saran aja. Kita jalanin ya sekuat hati paksakan diri terlihat tegar. Walaupun hati kita meronta2 kesakitan krn tdk bs berbuat apa2 dn tdk bs membalas apa2. Bunda, Allah maha adil .. kita diam bukan brrti lemah. Terus berdoa. Suami kita pasti dapat karma nya sndiri. Dan it sdh sy buktikan .. smkin sy tdk berdaya d hdpan Allah, semakin sakit kesialan yg suami sy terima. Sejauh ini suami sy sdh terkena banyak macam penyakit kronis smpai gejala jantung. Dan bbrp hari stelah ketahuan smua kebusukkannya , dy langsung kecelakaan .. ya bukan sy yg mendoakan sprt it . Tp itulah Allah yg bertindak. Skrg kita move on. Jalani sja hari2 sprt biasa.. demi anak2. Fokus utk masa depan bunda dan anak2 saja. Suami ckup kita tagih tanggung jawab smua2nya. Tdk ush lg memikirkan cinta. Walaupun hambar tp usahakan terbiasa.. jgn di beri hati lg pd pengkhianat..

      Hapus
    2. mbak april boleh minta alamt email atau nomer wa?

      Hapus
    3. jangan zina suami dibalas zina oleh istri,karena kerugian istri jauh lebih besar,dan maaf jika itu dilakukan,istri tergolong orang yang tidak beriman.
      jika mau,ya cerai saja dulu,cari laki2 lain yang lebih baik dari suami sekarang,tapi jangan..jangan..jangan sekali-kali istri membalas zina.

      Hapus
  61. sama bunda,, aku udh 2 minggu ini mngetahuo suami selingkuh,pdhl pernikahnaku belum ada 2thun, suamiku selingkuh waktu anak kami masih umur 3 bulan, msih kecil, dan bru ketahuan 2 minggu yg lalu skrg anakqu usi 10bulan. Suamiku selingkuh sma seorang janda beranak 1, anaknya umr 3 thun, pdhl janda itu sudh mengetahui klo suamiku punxk anak istri, tp mereka ttp melakukannya. Pdhal q sma suamiku sudh merintis breng2 mulai nol, kita pcrn udh brthun sblm dy pxk apa2, dn akhrx kita mmutskn tuk mnikah dan kami merintis mulai nol, stelah hidup kami sudh enak, alhmdulillh udh pxk rumh, mobil dn yg lain sendiri, tp suami sy menghianati saya bun.Rasanya sy ign bercerai n jijik mlihat bdan suami sy yg sudh dbgi sma perempuan lain. Knp suami sy setega tu? smpk sya ngelbrak ke kosx janda itu, ya tuhan fto mereka dipsang dkmrx, dan fto profil linex janda itu ftox mreka yg lg tdur brg. Bgmn hti gg hancur,kebahagiaanku sma anakq sudh dhancurn mreka, brusha memafkan, brusa melupakan tp gg bisa, aku hrus gmn bunda? pdhl kami beli rumah in bareng, uang kita berdua, waktu janda tu blg klo dy lgi hamil anak suamiku emosiku gg bs dihandle, q txk sma suamiku bagaima klo dy hamil, jwbx suamiku enak bgt tnp mkir prasaanku, jwbx ya dinikahi, trus tgl brng kita.. Kok enak jwbx, sdgkn ini rumah aku jg ikt bli, q nemani dy dri dya blm punya apa2, kok enak stelah hdupx enak mlah ign poligami? sy gg trima bunda, trus q ke kosx janda itu smbl bwa tepspek, q mw buktiin dy bnrn hmil paa gg, trxta dy gg mw, ktax udh dgugurin, q txk knp dgugurin ktax takut suamiku ninggalin dy, gg masuk akal bgt, klo pun dy mncintai suamiku dn gg mw pisah pstx dy mntk pertgg jwbn suamiku, ini kok mlah dgugurin alasnx tkut dtgglin suamiku.
    Aku udh bnci suamiku bunda, q udj ngelawan emosku, tp q gg bisa mlupakan bgtu sja. rsanya q sdh gg prcy lg aka cina sejati. Mohon bantuannya bunda aku hrus gmn?

    BalasHapus
  62. sama bunda,, aku udh 2 minggu ini mngetahuo suami selingkuh,pdhl pernikahnaku belum ada 2thun, suamiku selingkuh waktu anak kami masih umur 3 bulan, msih kecil, dan bru ketahuan 2 minggu yg lalu skrg anakqu usi 10bulan. Suamiku selingkuh sma seorang janda beranak 1, anaknya umr 3 thun, pdhl janda itu sudh mengetahui klo suamiku punxk anak istri, tp mereka ttp melakukannya. Pdhal q sma suamiku sudh merintis breng2 mulai nol, kita pcrn udh brthun sblm dy pxk apa2, dn akhrx kita mmutskn tuk mnikah dan kami merintis mulai nol, stelah hidup kami sudh enak, alhmdulillh udh pxk rumh, mobil dn yg lain sendiri, tp suami sy menghianati saya bun.Rasanya sy ign bercerai n jijik mlihat bdan suami sy yg sudh dbgi sma perempuan lain. Knp suami sy setega tu? smpk sya ngelbrak ke kosx janda itu, ya tuhan fto mereka dipsang dkmrx, dan fto profil linex janda itu ftox mreka yg lg tdur brg. Bgmn hti gg hancur,kebahagiaanku sma anakq sudh dhancurn mreka, brusha memafkan, brusa melupakan tp gg bisa, aku hrus gmn bunda? pdhl kami beli rumah in bareng, uang kita berdua, waktu janda tu blg klo dy lgi hamil anak suamiku emosiku gg bs dihandle, q txk sma suamiku bagaima klo dy hamil, jwbx suamiku enak bgt tnp mkir prasaanku, jwbx ya dinikahi, trus tgl brng kita.. Kok enak jwbx, sdgkn ini rumah aku jg ikt bli, q nemani dy dri dya blm punya apa2, kok enak stelah hdupx enak mlah ign poligami? sy gg trima bunda, trus q ke kosx janda itu smbl bwa tepspek, q mw buktiin dy bnrn hmil paa gg, trxta dy gg mw, ktax udh dgugurin, q txk knp dgugurin ktax takut suamiku ninggalin dy, gg masuk akal bgt, klo pun dy mncintai suamiku dn gg mw pisah pstx dy mntk pertgg jwbn suamiku, ini kok mlah dgugurin alasnx tkut dtgglin suamiku.
    Aku udh bnci suamiku bunda, q udj ngelawan emosku, tp q gg bisa mlupakan bgtu sja. rsanya q sdh gg prcy lg aka cina sejati. Mohon bantuannya bunda aku hrus gmn?

    BalasHapus
  63. Saya nangis baca tulisan bunda.
    Terima kasih support nya untuk kami , para istri sabar yang masih bisa mempertahankan RT demi anak.

    Bunda , salah kah kalau saya menyerah ??
    Ya allah saya hampir tidak kuat lagi.
    Setelah perselingkuhan 2015 lalu , sampai detik ini suami saya masih belum bs jauh dr perempuan2 terutama di social media.
    Tidak pernah pula dia perhatian sm saya , dia bahkan lebih memilih untuk memainkan gadget nya daripada saya dan anak saya saat dirumah.
    Dan jika saya marah, dia minta maaf dan janji tidak akan begitu lagi. Tapi esok nya lagi2 terjadi. Saya lelah bunda ��

    Bunda , kalo boleh usul. Adakan pertemuan atau mungkin bisa ngaji bareng atau kegiatan agama bareng biar bisa sharing face to face...

    Supaya saya gak merasa sendirian , hehe.
    Slama ini saya merasa sendirian , gak punya temen yg senasib. Krn tmn2 saya suami nya setia. ��

    Makasih bunda ... Assalamualaikum

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan tidak ada teman yang senasib dengan anda, tp mereka lbh memilih untuk menutup cerita sedihnya dan tidak menceritakan ke teman2nya. Contoh saya, suamii saya juga pernah selingkuh tp saya memilih untuk diam dan tidak menceritakan ke teman atau sahabat saya. Krn saya tdk mau mereka hanya kasihan kpd saya. Saya yakin diluar sana tdk ada rmh tangga yg 100% harmonis.
      Hanya saja mereka pandai menutupi sedihnya. Dan kalaupun ingin menceritakan masalah lbh baik berceritalah pada orang yang bisa memberi jalan keluar, bukan kpd orang yg hanya bisa mendengarkan. Apalagi sampai bercerita kpd orang yg salah, yang ada masalah kita hanya akan menjadi omongan orang banyak.
      Jangan pernah merasa sendiri bunda, semua rumah tangga pasti ada masalah. Tdk ada yg 100%mulus tanpa masalah. Semua masalah hanya untuk membentuk karakter kita agar lbh kuat dan dewasa.

      Hapus
  64. Usia pernikahan saya sudah2 tahun lebih 2 bulan ..
    Dulu waktu 3 bulan menikah
    Suami saya ketahuan selingkuh dengan mantan pacarnya ..
    Saat itu saya memaaf kan
    Dengan susah payah , bayangin
    3 bulan menikah sudah selingkuh .. sakitnya masyallah ..
    Dan baru 2 bulan lalu
    Dia ketahuan selingkuh lagi
    Dan itu sudah berlangsung 6 bulan dia selingkuh ..
    Pengen mati rasanya
    Saya rasanya pengen pisah saat itu juga ..
    Tapi saya menghawatirkan kesehatan ibu saya dan mertua saya ..
    Sampai sekarang saya masih bertahan ..
    Walaupun rasanya sudah tidak seperti dulu lagi ..
    Dan anehnya saya sekarang tidak merasa perjuangan suami saya untuk mengembalikan lagi kepercayaan saya
    Saya harus gimana
    Sudah 2 bulan ini saya drop
    Sampai berat badan saya turun drastis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau memang suami tidak ada usaha untuk meyakinkan anda untuk berubah dan tidak ada perhatian dan kasih sayang seperti dulu lbh baik pisah aja bunda. Kasihan bunda menderita sendiri. Jangan terlalu berfikir berat sampai BB turun drastis, suami bunda aja tega sama bunda dan tdk peduli sama bunda

      Hapus
  65. Memang menjadi seorang istri dan ibu itu berat, saya juga dikhianati oleh suamiku..Yang dulu sangat saya cintai, hormati dan saya perjuangkan. Kamis, 16 Februari 2017 malam tepatnya pukul 23.30 WIB saya mendapatkan Call dari no suami saya, suaranya lirih sekali hampir tak terdengar "MA tolong Ak" itu yang saya dengar. Selanjutnya suara lain yg terdengar, "suami ibu saya tangkap", saya langsung menjawab, "boleh saya bicara dengan suami saya?" "Yah?" Suara saya penuh pertanyaan. Dengan suara lirih, suami saya menjawab "ma, aku ketangkap basah Ama LInda". Pikiran saya, bahaya ini, suami saya bisa tewas diamuk masyarakat. Entah.... Mukjizat Allah tiba2 masuk dalam jiwa ini saya langsung berangkat, meninggalkan anak saya dikamar dan tanpa pamit pada keluarga yg lain. Selama diperjalanan saya berdoa dan berdoa mohon keselamatan suami saya. Di tengah perjalanan saya mendapatkan telp dari suami saya dan memberikan kabar kalau dia sudah di Polsek. Alhamdulillah...Setidaknya nyawa suami saya SDH aman. Setelah tiba dipolsek... Saya langsung melihat suami saya begitu pucat, begitu takut...Ya Allah berikan kesabaran hambamu ini. Itulah doa dan istifar yg saya ucapkan. Banyak warga dari kelurahan, dari keluarga Linda dan keluarga dari suami Linda. Banyak omongan2 yg menjatuhkan suami saya,dan menyudutkan. saya harus menolong suami saya, hanya itu yg terlintas. Jam2 saya langsung menuju kerumah saudara suami saya yang saya anggap bisa membantu, dan kita langsung pergi ke pak Kyai yg rumahnya sekitar 1jam perjalanan. Doa dan semua yg disyaratkan saya laksanakan. Singkat cerita 2malam 2 hari saya menemani suami saya di Polsek dan akhirnya suami saya bisa keluar dngan penyataan damai dari saya dan suami Linda. Dan kebetulan juga Linda ini juga satu kantor dg suami saya...Maslah lagi pun timbul di kantor, hari ini tanggal 22-2-17 saya juga negosiasi spy suami saya tidak kehilangan pekerjaan. Alhamdulillah, suami saya dimutasikan ke tempat yg lebih terpencil. Nah.....Seperti itu cerita saya, yg sangat tragis, 8th menikah memiliki buah hati 1permpuan dan dikhianati kurang lebih 1th. Mohon maaf, untuk lahir dan batin suami saya kurang menafkahi saya. Bahasa kasarnya suami saya bisa hidup mewah karena kelebihan uang dari saya yg sewaktu blm menikah SDH bekerja. Suami Mintak uang saya kasih, alasan beli ini, itu banyak tidak ada pikir panjang. Kalau dibilang sakit hati..Mungkin hati saya SDH tidak berwujud sangking hancurnya. Kecewa? Mungkin sudah tidak ada harapan untuk hidup saya. Hanya senyum buah hati saya yang bisa membuat saya bertahan seperti ini. Setelah membaca artikel diatas saya semakin tekad, saya akan memperjuangkan keluarga saya,saya akan bertahan untuk keutuhan dan kebahagian buah hati saya. Sekalipun...Entah dimasa depan apa yang akan terjadi saya pasrah...Saya percaya Allah selalu memberikan yang terbaik. Diakhir curhat ini, mungkin di dunia ini saya tidak bahagia karena penghianatan,semoga ini menjadikan pintu surga bagi saya, Amiin. Semangat...

    BalasHapus
  66. Hhmmmm...smangat bunda smua...yakin smua allah yg mengatur ada jalan allah yg rencanakan untuk kita..yg hrs kita pikirkan hidup abadi di akhirat..sabar kuat ikhlas apapun yg terjadi pasrahkan saja smua sudah ada yg mangatur..berdoa dan berdoa ya..allah tdk akan diam..yg penting kita slalu dijalan allah..positif aja..perlakuan smua dipertanggung jawabkan,apalagi jd tanggung jwb seorang suami..apapun dasarilah krn allah..insya allah nikmat..syukuri smua yg terjadi bunda...allah syg kita...smangat yaa walaupun saya tau sangat sulit sekali...rugi bunda kita hrs trs terpuruk..lakukan kewajiban kita sbagai seorg istri dan perintah allah..pertahankan bila masih bisa..tp klau kita merasa tdk kuat hrs berani ambil tindakan..kembali lg yakin allah sudah mempersiapkan yg lebih indah..tinggal kita mau ambil keputusan yg mana..smoga bisa saling menguatkan yah...

    BalasHapus
  67. Sakit di selingkuhin sumai memang sakit ini untuk kedua kalinya saya alami, luka lama belum sembuh dan masih berbekas d hati, ternyata suami saya mengulanginya lagi dengn wanita penghibur dengan nama yg sama orang yg berbeda... Apa yg harus sa ya lakukan jujur saya putus asa... Saya tidak pernah memblas perbuatannya terhadap saya... Jujur saat ini saya gak tau mau berbuat apa kasihan anak2 saya

    BalasHapus
  68. Sakit di selingkuhin sumai memang sakit ini untuk kedua kalinya saya alami, luka lama belum sembuh dan masih berbekas d hati, ternyata suami saya mengulanginya lagi dengn wanita penghibur dengan nama yg sama orang yg berbeda... Apa yg harus sa ya lakukan jujur saya putus asa... Saya tidak pernah memblas perbuatannya terhadap saya... Jujur saat ini saya gak tau mau berbuat apa kasihan anak2 saya

    BalasHapus
  69. Sudah 3 bln ini saya mengetahui perselingkuhan suami saya dgn seorang psk sekaligus germo. Feb lalu dia sdh berjanji di dpn ortu saya nkeluarga besarnya bahwa tdk lg dan ingin kembali dgn saya sampai maut memisahkan kami. Tp kenyataannya setelah itu dia masi jg mengunjungi wanita itu. Seharusnya plg kerja jam 6 ato jam 7 tp sampai rmh jam 9 jam 10. Alasannya lembur kerja. Setiap di ajak bicara dia hanya marah lalu pergi tanpa kejelasan nasib saya. 4thn kami menikah dan belum dikaruniai anak. Saat dinasehati temannya, suami selalu blg bahwa dia ingin meninggalkan wanita psk itu tp tidak bs. Seakan akan ada yg melarang dan menariknya. Suami saya seperti diguna2 oleh wanita itu. Saya hny bs berdoa pd allah swt semoga suami saya segera sadar n bertobat. Saya tdk ikhlas rasanya klo suami dgn wanita itu karena diguna2. Saya tanya suami hny diam saja. Semoga rasa sabar ini akan memberikan jalan terbaik dr allah swt. Amin yra

    BalasHapus
  70. Baru seminggu yang lalu saya tau suami saya selingkuh dari sms di hpnya.. saya sms perempuan itu dan dia beberkan segalanya bahwa suami saya mengaku duda anak 1, saya sudah mati saat melahirkan anaknya.. dia bilang putri saya dijaga oleh adik perempuannya padahal putri saya bersama saya dan sehari-hari ketika saya kerja dijaga oleh mama saya yang rela berpisah dengan papa saya di jawa demi menjaga putri saya.. saya sangat shock bunda semua, dunia saya rasanya hancur.. terlebih suami menyalahkan saya karena saya sering menuntut rumah dan terlalu bawel kata dia.. dia sudah minta maaf dan menyadari kesalahannya tapi kepercayaan saya padanya sudah runtuh, saya ga yakin dia ga berhubungan lagi dengan perempuan itu dan perempuan-perempuan lainnya.. sekarang saya hanya bisa menenangkan diri dengan zikir, sholat, saya selalu mencari ketenangan diri dgn prg sholat berjamaah ke mesjid istiqlal.. entahlah apa saya masih bisa menatap masa depan dengannya, saya trauma.. hati saya sangat sakit dan hancur..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya spt itu bun...cb perluas pergaulan dan cari kesibukan baru untuk mngalihkan rasa sakit itu...sangat sulit...sy cb rukiyah..ke psikolog...terapi dll...apa lg sy sedang studi dan tugas akhir...stres mnghantui...tp suport org2 yg peduli mampu untuk sy bertahan...dan perselingkuhan itu dibulan2 ini...yg slalu mnghantui...moment terberat tp hrs sy lalui...krn sy yakin Allah punya rencana lain yg lebih indah

      Hapus
    2. Ya spt itu bun...cb perluas pergaulan dan cari kesibukan baru untuk mngalihkan rasa sakit itu...sangat sulit...sy cb rukiyah..ke psikolog...terapi dll...apa lg sy sedang studi dan tugas akhir...stres mnghantui...tp suport org2 yg peduli mampu untuk sy bertahan...dan perselingkuhan itu dibulan2 ini...yg slalu mnghantui...moment terberat tp hrs sy lalui...krn sy yakin Allah punya rencana lain yg lebih indah

      Hapus
  71. Buat mama Rafa, saya setuju, hajar saja laki2 tdk tau diri itu, sesakit apa pukulan gigitan tendangan kita, tdk akan sebanding dengan luka yang dia torehkan di hati. saya sdh bercerai dan sampai saat ini saya memandang semua laki2 sama, jerk. Kebahagiaan hanya ada di SyurgaNya. Hidup bahagia dengan anak2 di dunia sudah cukup.
    Maafkan saya gagal berjuang. Maafkan saya gagal menepis rasa benci

    BalasHapus
  72. Setiap malam saya cuma bisa nangis. Mengingatat suami sy yg sy banggakan, sy cintai,sudah tidur dngn prmpuan lain janda 1 anak yg umurnya 2 thn di bawah ku. Padahal kejadian itu sy tau di pertengahan bulan 2 lalu. Sy tau kejadian itu malam hari. Perempuan itu menelvon sy dn menceritkan semuanya apa yg mereka lalukan karna tidak terima di putuskan secara sepihak oleh suamiku,mereka brhubungan badan 2x dan suami sy juga mengakuinya dihapan sy dan keluargany. Yg paling saya tdk trima dia bermain di rumah sy 1x saat sy kursus di luar kota, saat sudah optimis ingin bercerai, pagi harinya saya tau sy hamil 2minggu anak ke 2 kami. Sy binggung... Sy ngk tau rencana Tuhan apa. Kenapa sy hamil saat suami sy seperti itu?! Dia Minta maaf sujud semua dia lakukan. Aku minta kami mengarborsi kandungan ini, agar kami bisa berpisah, (sy sudah depresi bunda) tp dia malah memukul saya, menendang sy. Sy melaporkannya ke polisi tp dia malah ingin melapor balik krna sy juga menyerangnya. Tp polisi malah memarahi kami. Agar kami meliat anak anak kami bukan ego kami dan keluarga juga mngatakn sperti itu.apa lagi posisi ku yg sedang hamil, padahal muka ku bonyok mata ku pecah. Bibir ku memar. Kepalaku terasa sakit semua krna di pijak pijak oleh dia. Lalu dia membela dirinya dihadapan semua org,dia emosi krna aku minta untuk mengugurkan anak ini. Tp dia mohon maaf kpd kluarga ku, mengaku minta maaf, tdk ingin bercerai, dan tdk akn mngulangi nya lagi. Aku coba maafkan karna dia memohon kepada keluarga ku terlebih sujud di kaki bapak ku untuk tdk bercerai. Brpa bulan brllu. Tp ingatan itu masoh segar di otak ku. Skrng usia kehamilan ku jalan 4 bulan. Dia malah melarang aku untuk berteman dngn tmn tmn ku yg katanya tdk bakal dewasa aku brtmn dgn mreka. Padahal aku butuh tmn untk mlupakan semua itu. Ntah kapan aku bisa lupa semua ini. Aku ingin bercerai saja. Tp gimana nasib anak anak ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  73. Setiap malam saya cuma bisa nangis. Mengingatat suami sy yg sy banggakan, sy cintai,sudah tidur dngn prmpuan lain janda 1 anak yg umurnya 2 thn di bawah ku. Padahal kejadian itu sy tau di pertengahan bulan 2 lalu. Sy tau kejadian itu malam hari. Perempuan itu menelvon sy dn menceritkan semuanya apa yg mereka lalukan karna tidak terima di putuskan secara sepihak oleh suamiku,mereka brhubungan badan 2x dan suami sy juga mengakuinya dihapan sy dan keluargany. Yg paling saya tdk trima dia bermain di rumah sy 1x saat sy kursus di luar kota, saat sudah optimis ingin bercerai, pagi harinya saya tau sy hamil 2minggu anak ke 2 kami. Sy binggung... Sy ngk tau rencana Tuhan apa. Kenapa sy hamil saat suami sy seperti itu?! Dia Minta maaf sujud semua dia lakukan. Aku minta kami mengarborsi kandungan ini, agar kami bisa berpisah, (sy sudah depresi bunda) tp dia malah memukul saya, menendang sy. Sy melaporkannya ke polisi tp dia malah ingin melapor balik krna sy juga menyerangnya. Tp polisi malah memarahi kami. Agar kami meliat anak anak kami bukan ego kami dan keluarga juga mngatakn sperti itu.apa lagi posisi ku yg sedang hamil, padahal muka ku bonyok mata ku pecah. Bibir ku memar. Kepalaku terasa sakit semua krna di pijak pijak oleh dia. Lalu dia membela dirinya dihadapan semua org,dia emosi krna aku minta untuk mengugurkan anak ini. Tp dia mohon maaf kpd kluarga ku, mengaku minta maaf, tdk ingin bercerai, dan tdk akn mngulangi nya lagi. Aku coba maafkan karna dia memohon kepada keluarga ku terlebih sujud di kaki bapak ku untuk tdk bercerai. Brpa bulan brllu. Tp ingatan itu masoh segar di otak ku. Skrng usia kehamilan ku jalan 4 bulan. Dia malah melarang aku untuk berteman dngn tmn tmn ku yg katanya tdk bakal dewasa aku brtmn dgn mreka. Padahal aku butuh tmn untk mlupakan semua itu. Ntah kapan aku bisa lupa semua ini. Aku ingin bercerai saja. Tp gimana nasib anak anak ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. mbak, sama. saya jg sedang bingung antara cerai atau tdk. di satu sisi hati saya sakit yg teramat sangat, di sisi lain kasian anak2.

      Hapus
    2. Saya jg sedang merasakan sakit yg teramat dalam... Krn d selingkuhi oleh suami pdhl tadi ny suami saya itu begitu penurut dan sayang sama saya..dia bkn type laki"yg mudah jatuh cinta tp G tw ntah knp suami saya mlh selingkuh dengan wanita nakal yg sukany gangguin rmh tangga Allah... Ya Allah serasa d sambar petir pd saat aq mengetahui ny bln puasa ini aq lakukan dengan penuh tangisan.. aq dh berusaha untuk melupakan ny dengan lbh bnyk lg mendekatkan diri sama Allah.. Tp mungkin Doa ku lom maksimal mkny Allah blom ksh aq ketenangan jg.. Sehari hari aq jalani hdp seperti d neraka.. Sakit hati rasa cemburu dll sll menghantui aq.. Aq cape.. Aq lelah

      Hapus
  74. mohon sharing ya bunda semua,.
    saat ini saya jg sedang mengalami masalah yg sama, yaitu diselingkuhi suami. sdh hampir sebulan sejak saya mengetahuinya. tp sampai skrg saya masih blm ikhlas. pdhl suami saya sdh melakukan apapun agar saya bs memaafkan. saya yakin suami saya sdh taubat, sebenar-benarnya taubat, saya tau dia seperti apa, jd saya yakin 100% kalo dia menyesali perbuatannya dan ga akan pernah mengulanginya lg. dia sampai sujud2 di kaki saya minta dimaafkan, minta agar saya tdk mengatakan cerai lg. dia jg berkali-kali menangis saat sholat. pdhl saya ga pernah melihat dia menangis sebelumnya.
    tp bun,. setiap saya teringat kesalahannya yg begitu besar, saya tdk kuat, saya sakit, saya tersiksa. pdhl saya selalu minta sama Allah utk dikuatkan, utk diberikan jalan terbaik mengingat kami pny 2 org anak yg masih kecil. jujur saya mampu bertahan sebulan ini hny krn mengingat anak. kalo blm pny anak, saya sdh lgsg menggungat cerai ke pengadilan. krn rasa sayang, rasa cinta, rasa hormat sdh tdk ada lg.
    dia melakukan perselingkuhan itu dg teman sekantor, sampai berhubungan badan, dan sdh 5 kali. astaghfirullah.,,
    yg bikin saya susah memaafkan bun, dia sampai berhubungan badan, tdk cuma sekali, dan itu krn ketahuan, kalo tdk akan sampai kpn seperti itu.
    tp dia sdh berkali-kali minta maaf dan setiap saya minta cerai dia bilang ga akan pernah menceraikan saya, dg alasan, krn dia takut dibenci Allah, dan tdk mau mengorbankan anak2.
    saya hrs gmn bun,. suami saya sdh tobat, tp saya blm bs ikhlas, selalu sakit rasanya kalo teringat, dan masalahnya hampir tiap saat saya teringat. saya jg selalu mohon sama Allah, tetapi hati ini masih terlalu sakit dan blm bs menerima.
    bunda2 yg masalahnya hampir sama, bolehkah saya minta nomer wa atau email saya di lovelylunsya@gmail.com? krn saya tdk bs cerita ke siapapun termasuk sahabat saya sendiri, krn saya merasa ini aib saya yg hrs saya tutupi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. boleh diberi alamat email,ada kajian agama tentang perselingkuhan oleh pasutri,mungkin manfaat untuk dibaca.

      Hapus
  75. Sama mbak.. aq jg sedang merasakan sakit yg amat luar biasa krn d selingkuhi oleh suami.. Pdhl suami saya adalah suami yg sangat penurut dan penyayang dia tdk mudah untuk jatuh cinta.. Tp ya Allah ntah knp bagai d sambar petir rasany saat aq tw dia telah selingkuh dengan wanita nakal yg sering gangguin suami" orang.. Rasany sungguh" sakit pdhl sy kurang apa sebagai istri sy sll berusaha tampil muda.. Keuangan pun aq tdk tergantung sm suami.. Pdhl anak" saya jg udah pd kuliah udah gede" apa yg d cari sama suami ku lg sampai" dia tega menghianati cintaku...

    BalasHapus
  76. Ya allah, bukan cuma saya saja yang merasakan pahit nya kejadian ini ..
    Saya seorang istri dengan 1 putri yang masih berumur 5 bulan . dan hari ini pun saya mengetahui, selama 2 minggu suami saya berselingkuh dengan istri orang . saya sakit , tapi saya memaafkan . awalnya saya ingin berpisah / pengen bunuh diri , tapi anak saya masih membutuhkan saya . cobaan yang begitu berat untuk saya . usia pernikahan saya belum genap setahun , saya memang menikah karena kecelakaan . suami sayapun hari ini dihukum , kebetulan saya tinggal dirumah mertua , seluruh tetangga pada tau , karena pihak selingkuhannya suami saya datang kerumah mertua saya , untuk menyelesaikan masalah ini , suami selingkuhan suami saya tidak terima dan memukul suami saya , jadi seluruh tetangga pada datang dan melerai , akhirnya suami saya membuat surat perjanjian di atas matrai , tidak akan mengulangi perbuatan nya . saya melakukan semua itu agar suami saya jera , agar suami saya tidak mengulangi perbuatan hina seperti itu , karena berulang kali saya di selingkuhi .. Saya tidak tau pihak selingkuhan berpisah atau tetap bersama , saya merasa bersalah , karena merusak rumah tangga mereka . walaupun saya tau , mereka juga merusak rumah tangga saya . tapi seperti yang bunda tulis , wanita punya perasaan , sedangkan pria mementingkan ego . saya ingin tetap tegar , ingin tetap bertahan , ingin tetap bersama suami saya , tapi saya merasa itu semua mustahil , saya tipe orang yang tidak mudah untuk melupakan hal yang membuat saya sakit , walaupun saya memaafkan .. apakah saya harus ke psikolog bunda ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama nih ceritanya seperti aku. Pas anak dlm kandungan malah dy main sama perempuan lain. Aku minta cerai tp dy gak mau nangis2 mohon2 ke aku. Sampai2 aku nyumpahin dy kalau dy berani main dibelakangq aku gak akan ridho, tak sumpahin gak selamat dy sama ceweknya itu.

      Hapus
  77. maaf bunda2 semua.. saya masih single dan belum pernah menikah.. namun saya pernah memiliki trauma diselingkuhi yang hingga saat ini embuat saya masih trauma dan menutup diri dari pergaulan dengan laki2. saya pernah pacaran 8 tahun dan sudah ada rencana untuk menikah. dalam rentan 8 tahun itu beberapa kali ketahuan selingkuh dan saya maafkan.. dia tidak segan menangis dan mengucapkan sumpah demi Alah.. tapi ternyata semua itu cuma akting dia menutupi kesalahannya. akhirnya saya putuskan buat 10000000% MANTAP MUNDURR. tanpa rasa ragu sedikitpun. berdasarkan pengalaman saya. seseorang yang sudah berani berselingkuh apalagi sudah berkali2 akan sulit sekali berhenti dari kekurang ajarannya berselingkuh.. hanya ada 1 hal yg bisa menyembuhkannya..yaitu TAUBAT. TAUBAT yang saya maksud disini adalah perubahannya dia menjadi lebih agamis dan lebih mendekatkan diri kepada ALLAH. kalau suami anda uma bilang taubat taubat aja tapi ibadahnya masih sama seperti biasa..saya sarankan.. jangan percaya :) . soal keputusan ada ditangan anda.. bagi anda yg muslim, percayalah jika anda mamou sabar bertahan menghadapi ujian dan mempertahankan pernikahan KARENA ALLAH (bukan karena anak mauoun orang tua) maka syurga layak untuk anda..insyaALLAH.. tapi kalo memang anda merasa tidak kuat, daripada setiap hari terbayang2 luka masa lalu..ya jangan memaksakan diri untuk mempertahankan sesuatu yang anda sendiri merasa tidak sanggup untuk mempertahankannya. perselingkuhan itu identik dengan TIDAK BERSYUKUR. maka saya bilang di awal td bahwa hanya TAUBAT yang bisa menghentikannya. jika suami anda meminta maaf kepada anda tanpa dibarengi sikapnya yang bertambah relijius, saya tidak bisa menjamin suami anda akan bisa dipercaya lagi atau tidak. intinya sholat istikhoroh seenggaknya 40 hari.. nanti pasti diberikan kemantapan hati untuk melanjutkan atau mengakhiri. LIBATKAN ALLAH DISETIAP KEPUTUSAN BESAR, DAN ANDA TAKKAN KECEWA:) yang sabar ya bunda.. kesabaran sangat utama faedahnya.. semoga ALLAH senantiasa memberikan kebahagiaan dunia dan akhirat kepada bunda sekeluarga dan diberikan anak keturunan yang sholih dan sholihah... doakan saya juga semoga ALLAH memberikan jodoh terbaiknya dunia dan akhirat..aamiin sekarang saya memutuskan buat hijrah dan berusaha mendekatkan diri kepada ALLAH dan gak lagi2 mau sama yang namanya pacaran..karena sungguh banyak mudlorotnya dan gak ada jaminan akan melanggengkan pernikahan. wallahu alam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Adikku, nasehatku pilihlah laki-laki yang baik agama, pendidikan dan latar belakang keluarga. :) semoga berhasil. Hindari pacaran walaupun hanya chat WA, karena WA dengan lawan jenis sama saja berdua2an :o) semoga pernikahan adik kelak tidak seperti saya dan bunda2 yang telah terkhianati , Aamiin.

      Hapus
    2. Masha Allah betul sekali bun...
      Saya sudah berpacaran dengan suami saya selama 9 tahun maka kami memutuskan untuk menikah, selama berpacaran suami orang yg sangat setia
      Di tahun pertama pernikahan kami, kami sudah dikaruniai anak perempuan yg sangat cantik selang 1 thn 2 bulan suami ketahuan selingkuh dengan tmn kantornya bahkan sampai melakukan hub.terlarang yg dilaknat Allah astaghfirullah...hancurrrr hati ini bun, skrg saya sdg mendekatkan diri kepada Allah minta diberikan petunjuk keputusan apa yg harus saya ambil...
      Saya menjadi sangat trauma bun, semoga Allah angkat rasa sakit hati saya dan bisa sepenuhnya memperbaiki diri serta menjadikan cobaan ini ladang pahala untuk di akhirat kelak..amiinnnn

      Hapus
  78. Subhanallah, ya allah berikan kkuatan, ksabaran n kbahagiaan utk wanita2 hebat yg d zolimi

    BalasHapus
  79. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

      Hapus
  80. Assalamualaikum bunda
    Klo boleh saya bercerita sedikit saya termasuk dalam korban perselingkuhan suami, lebih parahnya dya berselingkuh dengan sahabatnya yang dya kenalkan kepada saya, baru saja kemarin suami saya mengakui semua perbuatannya, bahkan sahabatnya itu sampai hamil, astaghfirullahaladziim hancur selancar hancurnya hati saya mendengar semua itu, suami yang selama ini saya agung2kan dan yang saya beri kepercayaan 100 persen ternyata tega melakukan ini kepada saya, padahal rumah tangga kami sudah berjalan hampir 6 tahun, ternyata perselingkuhan itu terjadi setahun belakangan, entah kapan itu waktunya hanya saja saya berfikir pandainya mereka bersembunyi karena seingat saya suami saya tidak pernah pergi berlama2 tanpa saya, tapi meskipun hati ini hancur sehancur2nya rasa cinta saya kepada suami saya masih sanggup untuk memaafkannya, meskipun dya blg dya butuh waktu untuk melepas selingkuhannya dan sepenuhnya bersama saya, entah mengapa saya pun memberikan waktu dan kesempatan itu, mungkin banyak yg berfikir saya ini sangat bodoh, tapi setelah membaca artikel diatas saya semakin yakin dengan pertolongan Allah suami saya pasti akan kembali kepada saya sepenuhnya, dan saya tidak akan melepas suami saya untuk wanita pezina seperti selingkuhannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. jangan sebut wanita yang hamil karena suami mbak itu pezina,dua2nya pezina mbak,suami mbak juga tentunya.
      zina sampai punya anak kan ada urusan yang panjang,bisa ditinggal begitu saja anak hasil zina suami,keji 2x namanya,keji berzina juga keji menelantarkan jabang bayi hasil zinanya.

      Hapus
  81. Saya jacira saya ingin bersyukur dan saya akan selalu bersyukur kepada drujiagbe yang membawa pulang suami perceraian saya yang telah meninggalkan saya selama 6 tahun dalam 48 jam, saya telah mengatakan tentang hal ini bulan lalu tapi saya berjanji untuk selalu memberi tahu orang-orang tentang hal ini setiap bulan sekali. bahwa mereka yang tidak membacanya minggu lalu akan membacanya sekarang, saya telah mencari cara untuk hamil dan bagaimana agar suami perceraian saya kembali ke hidup saya karena saya mencintainya dengan sepenuh hati, saya bisa tidak menggantinya dengan tubuh apapun, suatu hari saya menonton televisi saya ketika saya melihat seorang wanita yang bersyukur kepada drujiagbe dan mengatakan kepada dunia bagaimana dia membantunya saya sangat terkejut sehingga saya tidak dapat mempercayainya karena saya tidak pernah mengajarkan bahwa ada kekuatan yang bisa membawa kembali kehilangan perkawinan, lalu begitulah cara saya memutuskan untuk menghubungi dia juga karena saya benar-benar membutuhkan suami saya yang bercerai kembali, ketika saya menghubungi dia, saya menceritakan semuanya kepadanya dan dia mengatakan kepada saya untuk tidak khawatir bahwa suami saya yang bercerai pasti akan kembali kepada saya. , dalam 48 jam pada awalnya i tidak bisa percaya karena saya berpikir bagaimana mungkin seseorang yang telah pergi untuk 6 tahun kembali dalam waktu 48 jam, maka saya memutuskan untuk menonton dan melihat, tidak dapat dipercaya dalam 48 jam berikutnya saya menerima telepon dari nomor yang tidak diketahui, jadi saya memilih panggilan untuk hal berikutnya. Saya bisa mendengar suara suami saya bahwa dia memohon dan mengemis saya di telepon bahwa saya harus memaafkannya bahwa saya harus melupakan semua yang telah terjadi bahwa dia tidak tahu apa yang terjadi padanya, dia berjanji untuk tidak pergi karena alasan apapun, bahwa dia benar-benar menyesal atas apa yang dia lakukan, saya sangat terkejut karena saya tidak pernah percaya bahwa ini bisa terjadi, jadi begitulah saya menerima permintaan maafnya dan keesokan paginya dia kembali ke rumah untuk menemui saya dan masih memohon agar saya memaafkannya dia mengatakan dia bahwa semuanya baik-baik saja bahwa saya telah memaafkannya, begitulah kami memulai lagi dan dia memiliki Perubahan, saya berjanji untuk mengatakan kesaksian ini di stasiun radio, mengomentari kesaksian ini bahwa sekarang saya hamil, tapi tetap saja sebelum bulan ini habis saya berjanji untuk mengatakan ini di r adio station dan saya akan pak, terima kasih banyak. Dunia tolong mohon maaf kepada orang-orang untuk mencoba dan membantu saya berterima kasih pada pria ini untuk saya, atau jika Anda membutuhkan pertolongannya di sini adalah alamat emailnya drujiagbeblacktemple@gmail.com

    BalasHapus
  82. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  83. Setelah baca komen2 perempuan2 disni, saya merasa tidak sendiri ternyata bukan cuma saya saja yg merasakan perihnya dikhianati suami berulang2 kali..
    Ini menjadi tolak ukur bgmna sya harus brsikap mnghadapi suami yg sprti itu..
    Semoga kita semua para istri selalu diberi kesabaran yg sebanyak2nya dan utk suami yg sudah sadar semoga bisa di jauhkan dr para pelakor

    BalasHapus
  84. Dunia ini adalah tempat yang kejam nyata. Saya telah menderita masalah Perkawinan selama 9 bulan sekarang karena tidak mengetahui sahabat saya telah menjadi penyebab utama masalah saya. Kisah saya mungkin berguna bagi Anda, mohon luangkan waktu Anda dan baca.

         Saya Ny. Felicia, saya telah menikah dengan suami saya selama 8 tahun dan kami memiliki seorang putra berusia 4 tahun. Pernikahan saya sangat indah dengan suami saya karena kami begitu saling mencintai sampai suami saya berubah secara otomatis ke arah saya dan putra saya. Dia mulai tidur larut malam dan berhenti merawatku dan putra kami
    Beberapa kali saya bertanya apa masalahnya tapi dia tidak pernah punya alasan untuk kelakuan salahnya terhadap saya dan putra kami. Dia terus mengatakan kepada saya bahwa kepalanya berat dan dia lelah dengan pernikahan kami. Dia mengatakan dia ingin bercerai. Saya memohon beberapa kali dan mengingatkannya tentang kehidupan lampau kami yang indah, tetapi dia tidak pernah mendengarkan saya ataupun tangisan putra kami. Suatu hari seorang teman saya datang ke kota kemudian saya menceritakan kepadanya tentang situasi saya. Dia menghubungkan saya dengan seorang pria hebat yang disebut Dr Okosu. Dia mengatakan kepada saya bahwa pria ini telah membantunya mendapatkan mantannya kembali dan mendapatkan pekerjaan yang baik juga. Dia menyarankan saya untuk memberikan dia pengadilan. Saya menghubungi orang ini melalui emailnya: drokosu01@gmail.com
    Dia mengatakan kepada saya bahwa sahabat saya adalah penyebab masalah saya. Bahwa sahabat saya menggunakan pesona cinta pada suami saya untuk menghancurkan perkawinan saya. Ohh ini membuat saya benar-benar bingung tetapi bersyukur kepada Tuhan bahwa Dr Okosu mampu mematahkan pesona dan dalam 2 hari suami saya kembali ke rumah dan memulihkan dirinya sendiri dia menunjukkan betapa dia mencintaiku seperti yang dia gunakan. Semuanya bekerja dengan sempurna dan kita semua hidup sekarang sebagai satu keluarga bahagia. Beberapa hari kemudian teman saya juga datang kepada saya untuk mengkonfirmasikan perbuatan jahatnya dan memohon pengampunan saya. Dr Okosu memintaku untuk memaafkannya dan aku melakukannya.

    Saya akan terus berbicara tentang perbuatan baik Anda, Man Dr Okosu yang hebat. Dan semoga Tuhan Yang Maha Kuasa terus menggunakan Anda untuk membantu orang lain di dunia ini.

    Tolong orang saya tidak menderita dalam diam, Anda juga dapat mencoba pria ini saya percaya itu akan bekerja untuk Anda seperti itu berhasil bagi saya. Ini adalah emailnya: drokosu01@gmail.com

     

    Dr Okosu juga bagus untuk solusi pada banyak masalah lainnya

    (1) Apakah menginginkan mantan Anda kembali.
    (2) Apakah Anda ingin menjadi kaya
    (3) Anda ingin menemukan cinta sejati
    (4) Menginginkan seorang anak.
    (5) Anda ingin beruntung dalam semua yang Anda lakukan
    (6) Apakah Anda ingin mendapatkan uang Anda yang hilang kembali atau mendapatkan pembayaran Anda.
    (7) membutuhkan bantuan keuangan.
    (8) Apakah Anda ingin mengendalikan pernikahan Anda
    (9) Obat untuk penyakit apa saja.
        
    Hubungi DR Okosu hari ini dan saya yakin Anda tidak akan menyesal. Email: drokosu01@gmail.com atau whatsaap +2348119663571

    BalasHapus
  85. Gimana carana atask rasa marah dan dendam thd perbuatan suami yach? Sekalipun dia sdh berusaha utk buat ay percaya bhw dia sdh tdk lanjutkan hub-nya sm skali dan sadar hal itu salah.
    To suami tetap kekeuh klu hub-nya baru sekedar suka (blm jauh), hanya bbrp kali ajak makan siang wlu sdh sy tangkap.lsg dari chat2 mrk yg pakai sebutan honey or sweety (dari suami) dan dijwb dg mydear (dari selingkuhannya) dan sy dpt pula video rec dari teman sy wkt mrk jalan2 ke Bandung (saat suami mangkir dari ktr dan selingkuhannya mengambil cuti). Selingkuhannya jg sdg bersuami. Bermacam pertanyaan berkecamuk dikepala sy apa mungkin hub yg sdh berjalan 7 bln lamanya (ini aja awalnya suami gak ngaku, blgnya baru 1 bln tp setlh sy tunjukkan rec pembuatan video oleh teman sy baru ngaku klu sdh 7 bln), ditbh sg status yg sdh gak beresiko "apa mungkin hub spt.itu pernah smp jauh? Masa kissing pun tdk (pengakuan suami), ini yg buat sy sm skali tdk percaya wlu selama ini gambaran sosoknya beda jauh dg kelakuannya itu (selama 28 th dari pacaran, nikah smp skrg), tdk pernah sekalipun suami menunjukkan sikap suami yg tdk baik (dia bertgg jwb, sayang kel, pekerja keraa). Makanya sy benar2 shock banget pas tau ini semua, dunia sy rasanya hancur. Marah dan dendam sll bermain2 dipikiran sy, shg srg terpikir utk membalas skt hati sy secara terang2an agar suami jg rasakan gimana sakitnya dibohongin dan dipermalukan.
    Sayang sich sayang namanya dg suami, tp rasa sayang ini kok teraaa mengual gtu aja klu kebayang rec mrk dab cgat2 mesranya, sdg sejak awal sy tau dia bjn tyoe lelaki yg mudah ngumbar2 kata2 gombal bahkan thd sy sejak awal smp skrg (dihati kcl khan namanya wanita, jg pingin khan diberi kata2 manis dan pujian, tp tdk pernah sm skali. Tp tau2 sia bs bgtu dg rekan ktrnya dan bersikap perhatian spt itu). Istri mana yg tdk kecewa.
    Makanya sy merasa sukit banget utk percaya kembali suami spt dl krn sosok yg sy dapati sangat bertolak belakang dg sosok yg dampingi sh selama ini. Ingin rasanya memilih berpisah, tp suami minta dimaafkan dan diberi kesempatan utk memperbaiki. Tp hati ini kok rasanya sdh datar dan hambar yach? Kata2 meara yg coba diucapkan skrg buat sy malah jd aneh rasanya ditelinga dan kita spt sdg sandiwara (bkn spt kehdp-an yg dl kamk jalani : saling percaya, sy merasa nyaman, tdk was2 dan kuatir)

    BalasHapus
  86. Terima kasih mba ajeng, membuat kita sbg istri n ibu mjd lebih sabar, kuat n ikhlas.
    Alloh memberikan cobaan utk kita mjd lebih dewasa n bijak. . .

    BalasHapus
  87. Saya jg korban perselingkuhan suami bunda,3th lalu suami sy berselingkuh dg seseorang di fb,sy tdk sengaja membuka akun seorang wanita di fb sy,dn ternyata didalmnya terdpt foto suami sy,awalnya suami tdk mengakuinya,dn ketika sy menemui titik terang,dn suami perlahan2 mlai mengakuinya,dn meminta maaf,dn sy memaafkan meskipun hati ini masih sering sakit saat ingat semua itu,dn sekarang suami jd lebih religius,lebih dkt sma allah,namun entah mengapa rasa sakit ini gk pernah hilang,masih sering muncul,saat dia pergi kluar rumah rasa curiga selalu muncul meskipun suami sering bilang kalo sdh brubah,tp saya masih sering merasa sakit saat ingat itu.saya ingin sekali melupkan kejadin itu tp sampai sekarang tetap gk bisa...😭😭😭

    BalasHapus
  88. Assalamualaikum wrb...
    Salam sejahtera bagi semua sahabat yang sempat membaca postingan ini. Perkenalkan nma sya Dinda dri Palu. Sebelumnya sya mau minta maaf karna sya langcang memposting pengalaman pribadi sya. Dulu sya hidup serba kekurangan sejak suami sya meninggal karna penyakit yg dideritanya. Sya punya 3 anak ,2 yg masih duduk dibangku sklah dasar yg msih butuh biaya sklah dan yg bungsu sakit2an butuh biaya pengobatan sedangkan penghasilan sya setiap hari tdak pernah menentu. Sya hanya tukang cuci keliling dan disamping itu sya jga biasa jdi buruh angkut dpasar . Sya sempat stress dan hampir bunuh diri tpi sya memikirkan nasib ank sya seandainya sya sudah tiada. Tpi disuatu hari ada seseorang yg sempat berbagi cerita sma sya tntg kesuksesannya berkat bantuan Ki abdullah tpi sya tdak masuk akal tpi setelah sya pikir2 sya coba memberanikan diri dan meminjam hp tman sya untuk menghubungi nmor aki tersebut dan setelah sya bicara dgn aki sya mengikuti saran yg aki berikan. Syukur Alhamdulillah sya bisa bangkit lgi dri keterpurukan. Anak sya bisa sklah smpai kejenjang yg lbih tinggi dan sya bisa membuka toko pakaian jadi yg terbilang ramai. Terima kasih aki berkat bantuannya sya bisa sukses bgini. Untuk kalian yg punya masalah dkehidupan sehari2nya jgn putus asa , semua masalah ada jlan keluarnya. Dan bagi yg ingin memcoba atau ada minat konsultasi dgn aki silahkan hubungi KI ABDULLAH dinomor 0823-3975-5544. Sumpah demi Allah ini nyata .






















    BalasHapus
  89. Nama saya KARI, saya telah berada dalam perbudakan besar selama hampir 2 tahun menderita di tangan seorang suami yang selingkuh, kami senang dan pergi dengan baik sampai dia berarti pacarnya yang lama dan dia mulai berkencan dengannya di luar pernikahan kami. Sebelum kamu tahu dia berhenti merawat keluarganya sendiri. Itu sampai batas tertentu, ia berencana untuk menikah dengannya dan menceraikan aku istrinya sendiri, aku telah menangis dan melaporkannya kepada keluarganya, tetapi ia tidak pernah mendengarkan siapa pun kecuali untuk memotong ceritaku, aku datang untuk mencari seorang spiritualis sejati. yang bisa menghancurkan hubungan mereka dan membuatnya kembali padaku dan 2 anak kami.

        Dalam pencarian saya, saya melihat orang-orang memberikan kesaksian tentang bagaimana pernikahan mereka di mana dipulihkan oleh Dr Okosu. Saya memilih emailnya dan menceritakan kisah saya kepadanya dan dia setuju untuk membantu saya. Setelah pekerjaannya selesai untukku, pada hari ketiga suamiku dan pacarnya bertengkar dan dia memukulinya dan dia pulang memohon padaku dan anak-anak dan meminta maaf. Dia mengatakan bahwa matanya sudah jelas sekarang dan dia tidak akan pernah melakukan apa pun untuk menyakiti keluarganya lagi dan berjanji untuk menjadi ayah yang peduli dan tidak pernah menipu lagi. Saya sangat senang bahwa saya tidak melepaskannya kepada gadis itu, semua penghargaan diberikan kepada Dr Okosu karena Anda adalah Manusia Luar Biasa yang dikirim oleh Tuhan untuk membantu orang-orang di dunia ini. Saya memiliki rasa dari keajaiban bantuan Anda dan saya akan terus menceritakan karya baik Anda. dan kepada siapa ini berkepentingan Ini adalah emailnya: drokosu01@gmail.com whatsApp number is

    +2348119663571

    BalasHapus
  90. bunda.alhamdulillah sudah 3 tahun sy berhasil mempertahankan rt ini.trauma ini bisa saya lalui karna d dukung suami sy.saat suami sy ketahuan selingkuh.dia bersujud d kaki sy dan meminta maaf.dia berjanji tidak akan mengulanginya kembali.luka yg sy rasakan begitu dlm.saat itu sy memutuskan minta cerai tp suami menolak.dia ambil alquran dan dia bersumpah tidak akan melakukan prslingkuhan lg.katanya.jk dia mengulanginya lg sy sedia menerima hukuman apapun dari allah.dengan kesungguhannya itulah,hatiku luluh.sebab,besarnya rasa benciku pdnya.besar pula rasa sayang ini untuknya.benar bunda,walaupun sy sudah memaafkan.namun hari2 yg aku lalui begitu sangat menyakitkan.stiap kali berhubungan,yg terbayang adalah dia suamiku bersetubuh dg wanita itu. libido yg sudah naik spontan turun. sampai sy pernah bicara dg suamiku.mas..aku sangat menyayangimu tp aku blum bs melupakan kesalahanmu. tuhan....tolong ambil sebagian ingatan ini tentang penghianatannya.aku sayang dia ya allah.tp aku sakit.. suamiku kembali berjànji dan menguatkanku.kami buat perjanjian yg bermaterai dan kami melibatkan orang tua dan saudara2 kami untuk menjadi saksi.dia berjanji untuk tidak melakukannya lg.jika sampai dia melakukannya lg,walaupun tanpa sepengetahuan sy,akan jatuh satu talak untukku. aku luluh kembali.tàpi apa yg saat ini aku lihat.ya allah .aku melihat d penelusuran google,sungguh berat melupakan yg lalu. aku menangis di situ aku membaca,berat melupakan kisah indah dengan yg lalu. apa yg harus aku lakukan.apa yg sedang ia rasakan.ternyata dia masih men


    yimpan kenangannya itu. bunda...... kuatkan aku

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cerita bunda sm persis seperti yg sy alami, bedanya sy berusaha untuk tdk melibatkan org tua dan keluarga selama msh bs di selesaikan berdua, sdh 1 thn lebih berlalu tp sampai skrg traumanya msh berasa, kdg suka nangis sendiri klo inget dan merasa tiba2 jijik sm dy. Ga tw lg hrs gmn.pdhal stelah kejadian kami sdh dikaruniai anak kedua.

      Hapus
  91. Saya juga baru di selingkuhi suami saya bunda, hati saya hancur sekali.
    Padahal kami blm ada 3 bulan menikah, ternyata suami saya masih menjalin hubungan dg mantannya
    Yaa Allah..
    Saya sakit sekali
    Sakit sekali sakit se sakit sakitnya..

    BalasHapus
  92. Semoga saya kuat dan bisa melupakan kesalahan pria yg skrg menjadi suami saya.. 2 bulan sblum kami nikah dan perselingkuhan mereka jg terbilang lamaa hampir1 THN saya dbhongn sgtu bodoh ny saya, suami saya itu tnyta Selingkuh sakit rasanya sampe saat ini.. dya sudah bertobat dan berjanji tidak akan mengulangi ny lagii..
    Dan dya kembali pada saya ..

    Untuk alasan apapun yg nama nya Selingkuh tidak pernah dibenarkan dari segi agama dan lingkungan sosial dll ..

    Smoga tidak ada lagii ayu" korban selingkuh diluar sana amiin..

    BalasHapus
  93. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  94. Saya juga mengalami hal yang sama. Dan saya juga tidak bisa melupakan nya begitu saja.

    BalasHapus
  95. Saya juga baru 1minggu ini tahu kalo suami saya berselingkuh.. Saya tau perempuan yg mengganggu suami dan rmh tangga saya itu sejak 1 tahun lalu..kami dan perempuan itu sering debat ternyata bnr di balik itu semua hanya kebohongan yg di tutup-tutupi dgn erat hingga akhirnya saya tau yg sebnrnya..

    BalasHapus
  96. Kadang bisa menerima keadaan tapi kadang, menyesal kenapa suami bisa seperti bahkan dg orang yg sangat kita percaya dan kita anggap baik... sampai hari ini aku masih berjuang... hanya air mata ini yang mengerti perasaan seirang istri dan seorang ibu...

    BalasHapus
  97. Untuk memaafkan memang sulit, untuk melupakan lebih sulit lagi, apalagi posisi kita sebagai korban... Berulang kali labil kadang tenang kadang sedih kadang masuk kamar berteriak... Tapi itu qadarulllah... Allah yg memiliki skenario ini, Allah mampu menguji hambaNya swbwrat ininkarena Allah yakin kita bisa melalui. Kadang rasa khaqatir selalu datang kalo suami melakukan lagi, tapi Allah tidak tidur bunda.... Kita berdoa yg terbaik untuk kita dan anak anak, dan kita serahkan suami kita kepada Allah, doakan dia dijaga Allah. Dan ingat pelaku dosa besar itu bisa di azab di dunia dan di akhirat kelak, jadi bukannya kita kalah saat memaafkan, juatru kita menang saat memaafkan, untuk ke depannya serahkan sama Allah, bawa tangan Allah jauh bisa menjangkau suami kita dimanapun dia berada, insya Allah surga kelak yg ingin kita gapai ya bunda... Karena di surga nanti kita tak kan pernah Allah sakiti, kenikmatan dan kebahagiaan akan Allah beri berlipat lipat dibanding dunia ini, karena dunia ini bagai bangkai keledai... Tidak layak untuk ditangisi...
    Semoga kita sama sama kuat ya bunda, saya pun sedang belajar untuk memaafkan dan move on walau kadang banyak bisikan syetan yg terus menghembus di telinga untuk marah dan berpisah...
    Bismillah semoga Allah mudahkan jalan kita untuk tetap mencari RidhoNya... Aamiin ya Robbal alamiin

    BalasHapus
  98. Selepas 5 tahun berkahwin dengan suami saya dengan 2 kanak-kanak, suami saya mula bertindak pelik dan keluar dengan wanita lain dan menunjukkan cinta saya sejuk, beberapa kali dia mengancam untuk menceraikan saya jika saya berani mempersoalkan dia mengenai hubungannya dengan wanita lain, saya adalah benar-benar hancur dan keliru sehingga seorang kawan lama memberitahu saya tentang kastam ejaan di internet yang dipanggil Dr.Wealthy yang membantu orang yang mempunyai hubungan dan masalah perkahwinan oleh kuasa-kuasa cinta yang mantap, pada mulanya saya ragu-ragu jika perkara sedemikian berlaku tetapi memutuskan untuk mencubanya, apabila saya menghubungi dia, dia membantu saya membuang ejaan cinta dan dalam masa 48 jam suami saya kembali kepada saya dan mula meminta maaf, sekarang dia telah berhenti keluar dengan wanita lain dan dengan saya untuk kebaikan dan untuk sebenar . Hubungi pesona ejaan cinta yang hebat ini untuk hubungan anda atau masalah perkahwinan yang akan diselesaikan hari ini melalui: wealthylovespell@gmail.com atau secara langsung WhatsApp: +2348105150446.

    BalasHapus
  99. Sy juga prnh merasakn hal yg sm diselingkuhi oleh suami bhkan dia smpe hamil dgn wanita selingkuhannya... Sakit itulah yg sy rasakn htiqu rasanya hancur brkeping2 ingin cerai itulah dlm pikiranqu tp lagi2 kdua ank2qu mnjdi pnghlang untuk memaafknnya krn dia brjnji akn brubah tp sthun brlalu rsanya msih mnjdi sbuah bayangn rasa sakit dgn nmanya prselingkuhan...

    BalasHapus
  100. Sy juga prnh merasakn hal yg sm diselingkuhi oleh suami bhkan dia smpe hamil dgn wanita selingkuhannya... Sakit itulah yg sy rasakn htiqu rasanya hancur brkeping2 ingin cerai itulah dlm pikiranqu tp lagi2 kdua ank2qu mnjdi pnghlang untuk memaafknnya krn dia brjnji akn brubah tp sthun brlalu rsanya msih mnjdi sbuah bayangn rasa sakit dgn nmanya prselingkuhan...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bunda, cerita bunda mirip dengan cerita rumah tangga saya. Lalu apakah sekarang suami bunda meninggalkan selingkuhannya,? Apakah bunda memilih bertahan demi anak2 atau bercerai?

      Hapus
  101. Semoga kita bisa berbagi pengalaman dan saling menguatkan.

    BalasHapus
  102. sama bunda ceritanya pun hampir mirip dgn cerita saya, tp bgaimana bun jika selingkuhannya itu dinikahin sm suami kita. yg saya rasakan sebenarnya sangat besar u memaafkan suami, tetapi ketika teringat wanita itu rasa sakitnya kembali lagi. beda halnya jika suami betul2 meninggalkan wanita tersebut dan bener2 ingin memperbaiki diri. sedangkan jika kita menyuruh suami u menceraikan selingkuhanya apakah tidak berdosa dlm agama.bagaimana bunda apa y harus sy lakukan u menghilangkan rasa sakit ini.mohon bantyanya bunda mksi

    BalasHapus
  103. Ini adalah keterangan saya mengenai kerja baik Ketua Eli Dodoru yang membantu saya .... Saya Ann Earnis dari utara Carolina USA. dengan bantuan penyihir mantra ini, suami saya yang meninggalkan saya selama 3 tahun lalu kembali, saya akhirnya bertemu dengan lelaki ini di laman blog yang disiarkan oleh salah seorang pelanggan untuk meminta bantuan, saya menjelaskan semuanya kepadanya dan dia memberitahu saya mengenai ejaan caster yang dia ketahui dan dia memberikan saya whatsapp untuk menulis kepada eja kastor untuk memberitahu dia masalah saya. Hanya dalam 2 minggu, suami saya kembali menemui saya. Saya hanya ingin mengucapkan terima kasih kepada penyihir mantra yang jujur dan tulus ini, tuan semua yang anda katakan telah berlaku dan terima kasih tuan. Tolong saya ingin memberitahu semua orang yang mencari jalan keluar untuk menyelesaikan masalah mereka, silakan berkonsultasi dengan penyihir ejaan ini, dia benar-benar hebat, dia hebat dan apa sahaja yang diberitahu oleh penyihir ejaan adalah apa yang akan terjadi, kerana semua yang diberitahu oleh penyihir ejaan itu datang untuk lulus. Anda boleh menghubungi dia di: whatsapp +2349015088017

    BalasHapus
  104. sy mengalami hal yg sama suami selingkuh hingga selingkuhannya hamil,,kebetulan sy blum punya anak dgn dia..sy memilih bercerai terlalu sakit klopun dilanjutkan..meskipun keluarganya dan dia memohon utk sy mempertahankan rumah tangga sy dan suami..naik turun emosi..merasa frustasi dan merasa tdk berharga menjadi seorg istri,,hanya bisa tawkal kepada allah semoga semuanya bisa sy lalui dngn sabar..

    BalasHapus
  105. Saya jga merasakan hal yg sama suami saya menghianati saya,bbrapa x dia tidur sama selingkuhan nya bahkan udh ada d dlm rmh pun suami saya masih vc an sama selingkuhan nya,rasa sakit yg gk bisa d ungkap kan dngn kata"....terkadang saya bingung apa sich yg d cari dri perselingkuhan?sama" merasakan kenikmatan sesaat,selama 1 thn saya d hianati suami saya....sebagai sesama wanita,sesama seorang ibu dngn 2 ank apa dia gk mikir cba kl hal itu terjadi pda diri sendiri pasti dia tahu rasa nya d hianati org yg kita percaya....luka yg d goreskan suami saya sangat"lah sulit untuk d lupakan sakit sangat sangat sakit rasanya bahkan kl aku tak takut dosa ingin rasa nya aku bls semua biar suamiku tahu rasa nya d hianati, tpi biarlah allah yg bls semua yg mereka lakukan krn allah yg maha mengetahui perbuatan hamba nya&aku yakin selingkuhan suami ku itu suatu hari pasti merasakan sakit yg lebih sakit dari ku, dan aku gk akan berhenti meminta& memohon sama allah...

    BalasHapus

  106. Miris banget emang kalo liat rumah tangga hancur berantakan kayak gitu. Eh iya, tau ga sih ternyata ada juga loh sederet masalah finansial yang bisa bikin rumah tangga jadi hancur? Perlu diwaspadai nih. Cek selengkapnya di sini ya man teman: Masalah finansial yang bikin rumah tangga hancur

    BalasHapus